23
Jul

1.202 Peserta Sipencatar Jalani Tes Akademik di BKN Pusat

Jakarta-Humas BKN, Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyelenggarakan Tes Akademik Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) di Gedung Computer Assisted Test (CAT) BKN Pusat, Selasa (23/07/2019). Tes Akademik Sipencatar tersebut diikuti oleh 1.202 peserta yang mendaftar di Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi. Pelaksanaan tes tersebut dibagi menjadi lima sesi yang berlangsung selama 90 menit setiap sesinya.

Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN, Aris Windiyanto memberikan pengarahan sekaligus membuka Sipencatar pada sesi pertama. Dalam arahannya, Aris berharap para peserta dapat menyelesaikan tes dengan baik. “Selamat mengerjakan tes dengan menggunakan CAT, semoga dimudahkan dan lulus menjadi taruna STTD Kementerian Perhubungan,” tuturnya.

Peserta yang mengikuti tes ini merupakan calon taruna pola pembibitan yang sebelumnya dinyatakan lulus pada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan merupakan tes pertama bagi peserta reguler STTD. Dalam Tes Akademik ini, peserta akan mengerjakan 75 soal dan harus dikerjakan dalam waktu 90 menit. Peserta Jurusan Keteknikan harus mengerjakan beberapa soal, diantaranya Matematika sebanyak 30 soal, Bahasa Inggris 30 soal, dan Fisika 15 soal. Sedangkan bagi peserta non-Keteknikan terdiri dari Matematika 35 soal dan Bahasa Inggris 40 soal.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) BKN, Heri Susilowati turut hadir untuk memantau dan memastikan Tes Akademik Sipencatar berjalan lancar. han/kaw