14
Nov

Posisi Strategis dan Infrastruktur Memadai, BKN Dirikan UPT di Sorong

Sorong-Humas BKN, Selasa (14/11/2017) Kepala BKN, Bima Haria Wibisana meresmikan berdirinya Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKN Sorong. Salah satu tujuan didirikannya UPT tersebut adalah untuk mempercepat layanan kepegawaian di Provinsi Papua Barat.

Kepala BKN saat menyampaikan sambutan dalam peresmian UPT tersebut menyampaikan alasan dipilihnya Kota Sorong sebagai salah satu lokasi UPT BKN karena selain memiliki posisi yang strategis juga karena infrastruktur yang tersedia sudah memadai. “Infrastruktur sudah ada, baik bangunan maupun ketersediaan perangkat komputer,” ujarnya. Selain sebagai sarana seleksi penerimaan Calon pegawai negeri Sipil (CPNS), perangkat komputer di UPT Sorong, lanjut Bima dapat juga digunakan sebagai infrastruktur assessment center dan penilaian kompetensi PNS.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris Daerah provinsi Papua Barat Nataniel D. Mandacan menyambut baik pendirian UPT BKN di Kota Sorong. Berbicara mengenai pentingnya UPT di Kota Sorong, Mandacan menyampaikan bahwa seperti daerah lain di Indonesia, PNS di daerah Papua Barat masih menjadi aktor penting dalam pembangunan Papua Barat. Oleh sebab itu menurut Mandacan, seleksi dan penilaian kompetensi bagi PNS Papua Barat sangat penting untuk dilakukan.

Assessment Center yang ada di UPT Sorong dapat membantu Pemda provinsi maupun Kabupaten atau Kota di lingkungan Papua Barat untuk memilih PNS yang sesuai dengan kompetensinya. PNS yang kompeten dan profesional tersebut diharapkan dapat mempercepat pembangunan daerah Papua Barat khusunya,” papar Mandacan.

Pada acara yang sama, Kepala BKN yang didampingi seluruh Pejabat Pimpinan Tinggi juga menyerahkan secara simbolis tunjangan hari tua dan hadiah bagi PNS yang berhasil mencapai nilai tertinggi pada simulasi CAT BKN.

Sebagaimana sering diberitakan bahwa pendirian UPT merupakan bentuk mendekatkan layanan BKN terhadap Pemda di sekitar sebagai stake holders BKN. Ke depan, UPT direncanakan akan digunakan sebagai front liner pelayanan bidang kepegawaian. Saat ini UPT Sorong merupakan UPT ke-10 yang sudah didirikan oleh BKN.mr/bal