20
Mei

Memasuki Pekan Kedua, SKD bagi Peserta Seleksi STIN dan STSN Digelar

Jakarta – Humas BKN, Pekan kedua dalam periode pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Sekolah Kedinasan Tahun 2019, diwarnai oleh SKD bagi peserta Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) dan Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN). SKD dilaksanakan secara serentak di 8 lokasi di seluruh Indonesia pada hari Senin (20/5/2019). Tercatat sebanyak 4.482 peserta akan mengikuti seleksi SKD STIN, dan ada sebanyak 897 peserta yang mengikuti SKD STSN.

Gedung CAT BKN Pusat menjadi salah satu lokasi pelaksanaan seleksi STIN. Pelaksanaan seleksi di BKN Pusat kali ini sedikit berbeda dengan sekolah kedinasan lainnya. Khusus untuk STIN tidak terdapat layar monitor yang menayangkan daftar nilai peserta yang telah mengikuti SKD. Hal ini bertujuan untuk menjaga kerahasiaan data dari para peserta SKD STIN. “Untuk seleksi STIN tidak ada layar monitor, karena kami harus menjaga data pribadi peserta yang nantinya akan menjadi bagian dari Badan Intelijen Negara,” Kata Kepala BKN Bima Haria Wibisana menginformasikan kepada para orang tua peserta SKD STIN. Tak lupa pula Kepala BKN memberikan semangat kepada para keluarga yang telah sabar menunggu para peserta yang mengikuti SKD di BKN Pusat.

SKD Sekolah Kedinasan di BKN Pusat dibagi menjadi empat sesi, masing-masing sesi berlangsung selama 90 menit. Sesi dimulai pada pukul 08.00 dan berakhir pada pukul 16.00. Selama mengikuti seleksi, peserta diwajibkan untuk memakai kemeja putih dan celana / rok panjang berwarna hitam. Peserta seleksi juga diminta hadir satu jam sebelum ujian dimulai guna melakukan registrasi. Adapun nilai ambang batas SKD untuk Sekolah Kedinasan tahun 2019 sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 6 Tahun 2019 adalah 75 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), 80 untuk Tes Intelegensia Umum (TIU), dan 143 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP). tif/bur/ary