23
Apr

5 Cara Pelaporan Maladministrasi Pelayanan Publik

Dok: Ber_Humas

Jakarta – Humas BKN, Bagi Masyarakat Indonesia yang mengalami maladministrasi dalam pelayanan publik dapat menyampaikan laporan ke Ombudsman Republik Indonesia (RI) melalui 5 (lima) cara, yakni:

  1. Datang langsung ke Kantor Pusat/Perwakilan Ombudsman RI;
  2. Surat;
  3. Call Center 137;
  4. Surat elektronik: _pengaduan@ombudsman.go.id; dan
  5. Kanal daring: formulir pada laman resmi www.ombudsman.go.id.

Hal itu disampaikan Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Teknologi Informasi Ombudsman RI, Wanton Sidauruk saat acara Forum Tematik Bakohumas Ombudsman RI, di Hotel Aryaduta, Jakarta, Selasa (23/4/2019).

Lebih lanjut, Wanton menjelaskan bentuk maladministrasi pada pelayanan publik meliputi penundaan berlarut, tidak memberikan layanan, tidak kompeten, penyalahgunaan wewenang, permintaan imbalan, penyimpangan prosedur, bertindak tidak layak, berpihak, konflik kepentingan, diskriminasi, dan mempersulit. “Silakan segera sampaikan laporan kepada Ombudsman RI apabila ada masyarakat yang merasa dirugikan oleh perbuatan maladministrasi. Baik rugi materi maupun non-materi seperti rugi waktu, mundur, batal, hingga meninggap dunia,” ujar Wanton.

Terakhir, Wanton mengatakan jika saat ini, Ombudsman RI memiliki kantor Perwakilan di 34 provinsi. “Informasi alamat kantor perwakilan Ombudsman RI bisa dilihat pada laman resmi, www.ombudsman.go.id,” pungkasnya. ber