08
Mei

A-Expecs, Bank Data ASEAN Experts, Persembahan Indonesia untuk ACCSM

Ahmad Jalis dalam WOrkshop Nasional I Penyusunan Konsep A-Expecs (8/5/2018) di Pusat Pengembangan ASN. (foto: end)

Bogor-Humas BKN, ASEAN Pool of Experts on Civil Services (A-Expecs) merupakan inventory experts bidang kepegawaian di ASEAN yang dapat diakses oleh semua anggota ASEAN Cooperation on Civil Service Matters (ACCSM). Pernyataan tersebut dikemukakan oleh Kepala Pusat Pengembangan ASN BKN Ahmad Jalis saat menjadi pembicara Workshop Nasional I Penyusunan Konsep A-Expecs, Selasa (8/5/2018), di Aston Hotel & Resort, Bogor.

Selanjutnya, dalam acara yang digelar sejak Senin (7/5/2018) hingga Rabu (9/5/2018) tersebut, secara spesifik Ahmad Jalis menyampaikan terdapat tiga tujuan dibentuknya A-Expecs.A-Expecs merupakan media pertukaran informasi dan data ASEAN Expert (tenaga ahli-red). Kemudian juga sebagai media informasi untuk seluruh kegiatan ACCSM dan pastinya sebagai bank data dan informasi terkait ASEAN Expert,” terang Ahmad Jalis.

Ahmad Jalis menjabarkan terdapat beberapa contoh bidang relevansi A-Expecs bagi Indonesia di antaranya meliputi: Human Capital Management Training, Leadership Training, Soft Skill Training dan sektor bidang kepegawaian lainnya.

Ahmad Jalis menambahkan dua keuntungan utama keberadaan dari A-Expecs. “Pertama, membangun kesetaraan dan kemajuan kepegawaian antarnegara ASEAN dalam sistem kepegawaian maupun public service. Kedua, terwujudnya database A-Expecs yang dapat diakses oleh berbagai pihak yang membutuhkan referensi narasumber/konsultan dalam penguatan pengolaan kepegawaian atau public services,” pungkas Ahmad Jalis.

Penyusunan A-Expecs di Indonesia direncanakan akan dimulai pada Juli 2018. Sementara penyusunan A-Expecs pada tingkat ASEAN direncanakan akan didiskusikan pada September 2018 ini pada Workshop tingkat ASEAN di Yogyakarta. bal