05
Des

ASN Bertugas Beri Pelayanan Publik Kepada Masyarakat Baik secara Langsung Maupun Tidak

Jakarta-Humas BKN, Sebanyak 107 peserta CPNS 2018 formasi Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada Rabu (05/12/2018) mengikuti seleksi ke tahap selanjutnya yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di Kantor Pusat BKN Jakarta.

Selain di Kantor Pusat BKN, SKB CPNS BKN 2018 akan diselenggarakan hingga tanggal 10 Desember 2018 berlokasi di Kantor Regional BKN seluruh Indonesia.

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana yang membuka pelaksanaan SKB tersebut menjelaskan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki tugas memberikan pelayanan publik kepada masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung, juga menyelesaikan tugas dan kewajibannya dengan tanggung jawab. Selain itu Bima juga menjelaskan bahwa nilai SKB tersebut akan diintegrasikan dengan nilai SKD, yaitu SKB sebanyak 60% dan 40% SKD. “Kerjakan sebaik mungkin, semangat berjuang untuk menjadi ASN yang akan memajukan Bangsa dan Negara, namun jika gagal jadikan sebagai pembelajaran,” jelas Bima.

Salah satu peserta SKB yaitu Leliyana Noviani mengaku lega setelah mengikuti salah satu tahapan SKB yaitu wawancara. Leli mengaku bahwa proses wawancara berjalan dengan lancar karena pewawancara mengajukan pertanyaan dengan jelas dan ramah, sehingga peserta tidak terlalu merasa gugup dan santai dalam mengjawab pertanyaan. “Interviewernya ramah-ramah, pertanyaan yang diajukan seputar kepribadian dan sesuai bidang jabatan formasi yang dilamar,” ujarnya.

Pada SKB CPNS BKN 2018 terdapat dua proses seleksi yaitu Seleksi Kompetensi Teknis Jabatan dan Psikometri dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) yang berlangsung sekitar 4 jam dan wawancara selama 30 menit. Dalam tahap wawancara, peserta akan menghadapi pewawancara yang terdiri dari Pejabat Eselon 2 dan Asesor dari Pusat Penilaian Kompetensi ASN (Puspenkom) BKN. Dalam pelaksanaan SKB CPNS 2018 tersebut, Sekretaris Utama BKN Supranawa Yusuf bersama Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen (PPSR) BKN Heri Susilowati, Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan dan Kepala Biro Kepegawaian BKN Diah Kusuma Ismuwardani turut hadir memantau jalannya SKB CPNS 2018 untuk formasi BKN tersebut. kaw