26
Apr

Belajar Soal Transformasi Rekrutmen ASN, Mahasiswa Administrasi Negara UI Berkunjung ke BKN

Jakarta – Humas BKN, Ada hal yang perlu teman-teman mahasiswa ketahui bahwa perjalanan transformasi sistem rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga saat ini bukan soal perubahan karena menggunakan komputer semata, tetapi lebih kepada menciptakan sistem seleksi yang transparan dan akuntabel untuk menghapus praktik-praktik yang tidak benar dalam proses penerimaan.

Hal itu disampaikan Kepala BKN Bima Haria Wibisana kepada sejumlah mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Fakultas Administrasi Prodi Administrasi Negara yang melakukan studi lapangan ke kantor Pusat BKN Jakarta dalam rangka Institution Visit UI pada Kamis, (25/04/2019). Pada awal arahannya, Bima juga menyampaikan kepada mahasiswa yang dikenal dengan almamater kuning itu bahwa bicara soal administrasi negara jangan berorientasi pada pekerjaan yang menyangkut berkas.

“Menyoal kualitas SDM birokrasi tentu menyangkut seluruh siklus di dalamnya mulai dari perencanaan sampai dengan pensiun. Nah untuk pola rekrutmen ASN sudah mengalami transformasi melalui seleksi berbasis computer assisted test (CAT) yang sebelumnya dilakukan secara manual. Poin utamanya bukan sekadar soal menggunakan tools komputernya, tetapi proses rekrutmen yang memberikan kesempatan secara adil dan transparan, sehingga negara merekrut mereka yang terjaring secara tepat,” tambahnya.

Tidak hanya mendapat penjelasan soal sistem penerimaan ASN, mahasiswa semester dua dan empat Administrasi Negara UI itu juga berkesempatan mengikuti simulasi pelaksanaan seleksi dengan CAT BKN sehingga mereka dapat langsung berinteraksi dengan kinerja sistem CAT tersebut.

Di awal kunjungan, Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan juga sempat mengatakan dalam “Global Report: Public Sector Performance” yang dirilis World Bank pada Oktober 2018, CAT BKN dinobatkan sebagai produk unggul Indonesia kategori Civil Service Management yang berhasil mereformasi kualitas sistem rekrutmen CPNS di Indonesia. des