04
Apr

BKN Berpartisipasi Jaring SDM Masa Depan melalui Rekrutmen CPNS dan P3K

dok: don

Jakarta-Humas BKN, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menghadiri kegiatan Kolaborasi untuk Peningkatan Kapasitas SDM di Indonesia Melalui Kelompok Kerja SDM Multistakeholder, di Jakarta Pusat, Kamis (04/04/2019). Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka mengetahui pentingnya kapasitas sumber daya manusia (SDM) untuk mewujudkan layanan yang adil dan menyejahterakan masyarakat.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh The United Nations Development Programme (UNDP) dan Mahkamah Agung tersebut juga dihadiri oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam Vincent Guérend, UNDP Indonesia Resident Representative Acting Chistophe Bahuet, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Madya pada Kementerian/Lembaga serta pimpinan perusahaan Swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

dok: don

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BKN menyampaikan bahwa kegiatan kolaborasi yang membahas kebutuhan SDM di masa depan merupakan kali pertama diselenggarakan antara public sector dan private sector. Bima juga menambahkan bahwa sudah banyak instansi yang telah melakukan kolaborasi dengan swasta atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) misalnya BKN yang telah berkolaborasi dengan PT Telkom dan Garuda Indonesia. “Untuk itu, identifikasi kebutuhan sangat perlu dilakukan untuk dapat didiskusikan lebih lanjut kemudian sehingga kolaborasi tersebut tetap terjalin,” tuturnya.

Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, Sunarto menyampaikan bahwa untuk menghadapi tuntutan masyarakat yang melampaui ekspektasi dan tuntutan teknologi yang semakin maju, diperlukan SDM yang berpotensi tinggi. BKN dan Kementerian PANRB telah menjaring SDM terbaik melalui rekrutmen CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) yang dilaksanakan dengan transparan dan akuntabel sehingga mendapatkan bibit masa depan yang berkompetensi serta berintegrasi pada Negara. “Diperlukan SDM yang memiliki kompetensi dan integrasi tinggi dan berprinsip tomorrow is today bukan yesterday is today,” tuturnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi panel tentang kolaborasi pada private sector dan public sector yang dimoderatori oleh presenter kondang Ira Koesno dengan Sekretaris Mahkamah Agung Achmad Setyo Pudjoharsoyo, Direktur SDM dan Teknologi Informasi PT Taspen (Persero) Mohammad Jufri dan Head of Corporate Human Capital Management Triputra Group, Immanuel Adi sebagai narasumber. kaw