18
Mar

BKN Siapkan Big Data Untuk Kawal Pengisian JPT Berbasis Sistem Merit

Jakarta – Humas BKN, Badan Kepegawaian Negara (BKN) segera menyajikan data potensi, kompetensi, dan kinerja Pejabat Administrator dan Pimpinan Tinggi Pratama, serta penilaian formasi jabatan di 119 Instansi Pemerintah pada tahun 2019.

Hal itu disampaikan Deputi Sistem informasi Kepegawaian BKN, Suharmen saat memimpin Rapat Koordinasi Pelaksanaan Sistem Merit di Instansi Pemerintah bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di Kantor Pusat BKN, Jakarta, Senin (18/3/2019).

Suharmen melanjutkan, data-data tadi akan menjadi One Big Data sebagai acuan KPK bersama Pemerintah untuk memonitor dan mengawasi proses pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di Instansi Pemerintah. “Dengan tersedianya Big Data yang berisikan profile JPT Pratama, data kinerja, data kompetensi, dan kualifikasi jabatan, BKN berharap akan memudahkan instansi implementasikan sistem merit ketika melakukan pengisian JPT,” ujarnya.

Terakhir, Suharmen optimis dengan adanya Big Data tersebut yang juga masuk ke dalam Strategi Nasional (Stranas) tahun 2019, menjadi langkah mitigasi Pemerintah terhadap pengisian JPT yang tidak berbasis sistem merit, serta akan memberikan dampak yang signifikan bagi kinerja pelayanan publik di instansi Pemerintah. “Tentu jika JPT diisi oleh pegawai yang kompeten, akan berdampak pada kinerja dan pelayanan publik,” tutupnya. ber