24
Apr

BKN Terima Kunjungan Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta

Dok: Dik_Humas

Jakarta – Humas BKN, Dalam rangka menghadapi revolusi industri 4.0 dan revitalisasi sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan adaptif, Rombongan Mahasiswa Diploma III Jurusan Sekretaris, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berkunjung ke Kantor Pusat Badan Kepegawaian Negara (BKN), Rabu (24/4/2019). “Sebelum nantinya terjun ke dalam dunia kerja, kami berharap para mahasiswa mendapat bekal yang berarti dan bersiap terhadap tantangan ke depan, khususnya di era revolusi industri 4.0,” ujar Purwanto, selaku Ketua Rombongan.

Kepala Bagian Hubungan Media dan Pengaduan Masyarakat BKN, Viktor Saing yang menerima kunjungan tersebut mengatakan jika saat ini BKN sudah mulai bertransformasi terhadap segala isu dan perubahan yang diakibatkan oleh revolusi industri 4.0. “Salah satu isu yang paling tampak ialah pelayanan informasi ke masyarakat. BKN kini sudah menggunakan platform yang sama dengan masyarakat dalam bertukar informasi, sehingga bisa dikatakan BKN adaptif dengan era yang baru ini,” ujarnya.

Dok: Ber_Humas

Senada dengan itu, Kepala Seksi Penyajian Informasi dan Penyusunan Tabel Referensi Kepegawaian non-PNS BKN, Elin Cahyaningsih menjelaskan jika inti dari revolusi industri 4.0 terletak pada proses bisnis manusia di dalamnya. “Di era 4.0, hampir semua Internet of Things. Di dunia kerja misalnya, saat ini media penyimpanan file kerja itu sudah berganti dari yang sebelumnya di media yang berwujud ke media yang tidak berwujud, yakni cloud,” jelasnya. “Intinya, perbanyak membaca karakteristik yang dibutuhkan di era 4.0 dan segera adaptasi dengan itu,” tambahnya.

Dok: Don_Humas

Di saat yang sama, Kepala Sub Direktorat Informasi Kepegawaian BKN, Yudhantoro Bayu Wiratmoko memberikan informasi jumlah dan komposisi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Indonesia saat ini. “Jika nanti ada yang berminat jadi CPNS, silakan dilihat komposisi PNS di Indonesia saat ini. Persiapkan diri sebaik-baiknya,” pungkasnya, mantap. ber