09
Feb

Cegah Peredaran Informasi Hoaks Bidang Kepegawaian, Humas BKN Sambangi Sejumlah Kantor Pemberitaan di Daerah

Medan-Humas BKN, Biro Humas BKN tak jemu untuk terus berupaya keras menangkal beredarnya informasi hoaks bidang kepegawaian. Salah satu upaya tersebut dilakukan dengan melakukan bertandang ke sejumlah kantor pemberitaan. Salah satu agenda yang diangkat dalam kunjungan tersebut yakni mengupas tuntas arah pengelolaan kepegawaian saat ini dan menyampaikan update informasi kepegawaian.

Pada kesempatan kali ini, praktisi Humas BKN Pusat dan Kantor Regional (Kanreg) VI BKN Medan mengunjungi kantor media Tribun Medan, Sabtu (9/2/2019). Sebelumnya, tim Humas BKN bertemu dengan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Sumatera Utara (Sumut) pada Kamis (7/2/2019).

Kepala Biro Humas BKN saat memimpin kegiatan kunjungan ke kantor redaksi Tribun Medan kepada jajaran redaksi media menyampaikan bahwa kalangan media dapat membantu mendiseminasikan informasi kepegawaian dengan sebelumnya merujuk pada informasi yang disampaikan oleh narasumber yang tepat. Hal tersebut, kata Ridwan dapat membantu menangkal beredarnya berita hoaks bidang kepegawaian.

Ridwan juga meyakini bahwa media saat ini seakan-akan mempunyai kekuatan magis yang dapat membentuk dan mempengaruhi opini masyarakat terhadap sebuah, sehingga penting bagi media untuk menyebarkan info yang tidak lagi diragukan kebenarannya.

Pada kesempatan yang sama, Manajer Harian Produksi Pemberitaan Tribun Medan, Perdata Ginting, kepada tim Humas BKN meminta kesiapan BKN untuk dikonfirmasi atas kebenaran informasi kepegawaian yang beredar di masyarakat. Menanggapi permintaan tersebut, Ridwan menyampaikan bahwa Humas BKN sangat terbuka dan selalu siap untuk memberikan konfirmasi atas informasi yang berkaitan dengan kepegawaian. “Sepanjang kami sudah memegang data informasi yang diminta, tidak ada alasan bagi kami untuk tidak memberikan informasi,” tandas Ridwan.

Sebelumnya, Ketua AMSI wilayah Sumut, Agoez Perdana saat menerima kunjungan tim Humas BKN, mengapresiasi langkah BKN yang berupaya menguatkan koneksitas dengan media. “Dengan sikap terbuka Humas BKN terhadap pers, akan memudahkan pers mengkonfirmasi kebenaran informasi kepegawaian yang beredar di masyarakat”. bal/dep