14
Mei

Dorong Kinerja Terkait Pengadaan Barang dan Jasa, BKN Gelar Sosialisasi Perpes Nomor 16 Th 2018

Sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di Kantor Pusat Badan Kepegawaian Jakarta pada Senin (14/05/2018). Foto:kis

Jakarta- Humas BKN, Produksi dalam negeri dari sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) diharapkan dapat mengalami peningkatan sehingga dapat terlibat dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah pada waktu yang akan datang. “Siapa lagi yang akan membeli produk UMKM kalau bukan kita sendiri?” Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Negara, Bima Haria Wibisana saat membuka acara Sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di Kantor Pusat Badan Kepegawaian Jakarta pada Senin (14/05/2018). Acara tersebut mengundang narasumber dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan Kementerian Keuangan.

Kepala Biro Umum BKN, Joko Subakti sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara acara sosialisasi tersebut menjelaskan tujuan diadakannya sosialisasi yakni untuk memberikan pemahaman yang baik dan peningkatan kualitas kinerja pegawai yang berhubungan dengan pengadaan barang dan jasa. Joko juga menjelaskan Peraturan ini merupakan pengganti peraturan yang sudah berlaku sebelumnya. “Perpres Nomor 16 Tahun 2018 ini merupakan pengganti dan bukan perubahan Perpres sebelumnya yaitu Perpres Nomor 54 tahun 2010 tentang pengadaan barang dan jasa” imbuh joko.
Selain itu, Joko juga menyebutkan peserta sosialisasi terdiri dari perwakilan seluruh kantor regional BKN, Unit Pelaksana Teknis (UPT), Pusat Pengembangan Aparatur Sipil Negara, dan Pegawai Pusat BKN. Sosialisasi diadakan selama dua hari dan dibagi menjadi dua gelombang, gelombang pertama terdiri dari 76 peserta yang berasal dari lingkungan Kantor Regional (Kanreg), Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan Pusat Pengembangan Aparatur Sipil Negara, sedangkan gelombang selanjutnya terdiri dari 80 peserta yang berasal dari lingkungan kantor pusat BKN dan akan diselenggarakan pada Selasa (15/05/2018).

Dalam kegiatan yang sama, Bima Haria Wibisana mengimbau kepada seluruh peserta, agar dapat mengikuti dan mempelajari regulasi baru tersebut secara baik dan teliti. “Manfaatkan waktu saat ramadan mendatang dengan membaca aturan baru ini agar kedepan proses pengadaan barang dan jasa dapat dilakukan dengan lebih baik dan benar” pungkasnya. iin