23
Agst

Dorong Percepatan RB, Sekretariat Utama BKN Gulirkan Enam Perubahan Mendasar

Jakarta-Humas BKN, Sekretariat Utama merupakan unit yang mendukung proses bisnis bagi seluruh unit kerja yang ada di Badan Kepegawaian Negara (BKN). Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Utama (Sestama) BKN, Supranawa Yusuf dalam Rapat Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) di Lingkungan Sekretariat Utama, pada Jumat (23/08/2019). Rapat yang digelar di Kantor BKN Pusat, Jakarta tersebut membahas perkembangan dan percepatan terhadap pelaksanaan RB yang dilaksanakan oleh agen-agen perubahan di lingkungan Sekretariat Utama.

Dalam melaksanakan percepatan RB, Sekretariat Utama BKN melakukan enam perubahan mendasar pada beberapa aspek, diantaranya manajemen perubahan, penguatan kinerja, pelayanan, penguatan pengawasan, penguatan organisasi dan tatalaksana, serta penguatan manajemen SDM.

Sestama BKN melanjutkan, Sekretariat Utama BKN telah melakukan berbagai inovasi dalam melaksanakan percepatan RB, diantaranya dalam bidang pelayanan melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) mandiri guna mendukung kegiatan pengadaan barang dan jasa, serta pelayanan pengaduan masyarakat pada e-LAPOR yang mengalami percepatan dengan waktu penyelesaian 12 hari. Selain itu, Sekretariat Utama juga melakukan manajemen perubahan yang bersifat fundamental, diantaranya budaya kerja positif, kampanye pemanfaatan time management, memberikan pelayanan yang lebih cepat, dan membangun komunikasi yang bebas, terbuka, dan tanpa batas baik secara vertikal maupun horizontal. “Komunikasi tersebut salah satunya melalui Kegiatan Bincang Santai (KBS) yang digagas oleh Biro Hubungan Masyarakat dan Ngobrol Santai,” tutur Sestama.

Kepala Biro Hubungan Masyarkat BKN, Mohammad Ridwan menyampaikan KBS awalnya bertujuan untuk memberi pengetahuan tentang kehumasan kepada calon Pranata Humas dari CPNS 2018. Namun, ternyata CPNS BKN 2018 lainnya banyak yang tertarik dengan KBS sehingga dilaksanakan secara rutin dengan materi berbeda setiap pertemuan. “Harapannya, paling tidak agen-agen penerus ini memiliki motivasi dan kemampuan yang sama dalam membahas dan menindaklanjuti isu nasional,” ungkap Ridwan.

Pada rapat ini hadir lima orang evaluator RB Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) yang bertugas mengevaluasi dan mendalami pelaksanaan RB di lingkungan Sekretariat Utama. kaw