26
Mar

Formulasi Rumpun Jabatan PNS Jadi Agenda Pengkajian Kepegawaian BKN

Jakarta – Humas BKN, Menanggapi rencana Pusat Pengkajian dan Penelitan Kepegawaian (Puskalitpeg) BKN yang akan melakukan kajian ilmiah untuk merumuskan formulasi rumpun jabatan Pegawai Negeri Sipil (PNS), Sekretaris Utama BKN Supranawa Yusuf menyatakan menyambut baik hal tersebut. “Setiap instansi perlu merumuskan standar kompetensi jabatan sebab berhubungan langsung dengan langkah pembinaan dan pengelolaan SDM organisasi,” imbuhnya dalam Seminar Proposal Penelitian “Formulasi Rumpun Jabatan PNS” yang berlangsung Selasa, (26/03/2019) di Kantor Pusat BKN Jakarta.

Berbicara kemanfaatan, Sestama juga menuturkan bahwa terbentuknya rumpun jabatan PNS akan membantu dalam penentuan grade jabatan di instansi, penataan organisasi misalnya perampingan struktur dan menjadi acuan segmentasi seluruh jabatan. Sementara itu Kepala Puskalitpeg Achmad Slamet Hidayat menjelaskan bahwa tujuan digelarnya seminar proposal penelitan ini untuk mendapat masukan dan kritik menyangkut konsep rumusan jabatan PNS yang ada saat ini.

Selain melibatkan beberapa unit kerja di Kantor Pusat BKN, perwakilan dari Kementerian Keuangan dan Badan Kepegawaian Daerah Provinsi DIY Yogyakarta, dalam acara tersebut juga hadir sebagai narasumber yang menjelaskan langkah perumusan rumpun jabatan di instansi-instansi tersebut. des