07
Des

Gali Pengembangan Layanan Satu Pintu, Humas BKN Studi Banding ke DPMPTSP Pemprov DKI Jakarta

Jakarta – Humas BKN, Tim Humas BKN melakukan studi banding pelayanan publik ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kamis (6/12/2018). Pada kesempatan itu tim humas BKN disambut Wakil Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Deni Wahyu Haryanto beserta jajarannya.

Wakil Kepala DPMPTSP Deni Wahyu Haryanto. (foto: mia)

“Awal dibentuknya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), banyak Kepala Dinas yang dicopot dari jabatan oleh Gubernur Joko Widodo, karena tidak berkomitmen untuk memberikan pelayanan terpadu,” kata Deni. Hal itu, sambung Deni merupakan dinamika yang biasa terjadi tatkala perubahan dimulai. “Tentu saat pertama DPMPTSP dibangun, banyak resistensinya. Namun, hasilnya seperti saat ini, banyak layanan publik yang lebih praktis bagi masyarakat umum,” ujarnya.

Kepala Subbagian Tata Usaha Pemanfaatan Teknologi Darmawan. (foto: mia)

Di saat yang sama, Kepala Subbagian Tata Usaha Pemanfaatan Teknologi Darmawan menjelaskan fungsi DPMPTSP yang kini lebih optimal. “Di tahun ke-3 berdirinya DPMPTSP, banyak penyempurnaan daripada layanan-layanan yang ada. Contohnya Izin Mendirikan Bangunan (IMB), dulu memakan waktu 60 hari kerja, kini hanya 3 jam saja,” katanya.

Pimpinan rombongan Tim Sekretariat PTSP BKN, Lugi Juwono sangat mengapresiasi kinerja DPMPTSP dalam memberikan pelayanan publik, khususnya dalam bidang perizinan. “Mantap sekali,” ujarnya. “Semua lini, dari mulai customer relation officer (CRO) hingga back office, rapi dan modern. Semoga PTSP BKN bisa menerapkan hal yang serupa,” tutupnya. cal/ber