15
Mar

Hadiri Forum International Reform Symposium & Regional Workshop, Kepala BKN akan Paparkan Capaian 10 Tahun RB dalam Manajemen Kepegawaian

Nusa Dua – Humas BKN, Transparency and Accountability in Human Resource Management menjadi salah satu fokus pembahasan yang diulas dalam Forum International Reform Symposium & Regional Workshop yang digelar di Nusa Dua, Bali pada tanggal 14 – 15 Maret 2019. Forum tersebut dihadiri perwakilan delegasi dari negara-negara ASEAN plus Korea, Australia, dan New Zealand.

Dalam kegiatan tersebut Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana dan Kepala Kantor Regional X BKN Denpasar, Bambang Hari Samasto berkesempatan hadir. Kepala BKN rencananya akan menjadi salah satu pembicara terkait Transparency & Accountability in Human Resources Management. Kepala BKN akan memaparkan capaian 10 tahun reformasi birokrasi (RB) di Indonesia khususnya pada aspek manajemen kepegawaian.

Kepala BKN menjadi salah satu pembicara terkait Transparency & Accountability in Human Resources Management. (foto: des)

Pada pembukaan forum yang berlangsung Kamis, (14/03/2019), Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menyoroti dinamika dan perubahan dari dampak teknologi yang secara responsif diadaptasi oleh sistem reformasi birokrasi di Indonesia yang sudah mencapai perjalanan satu dekade. Menurutnya, Indonesia sendiri sudah mengalami reformasi dalam kurun 20 tahun. Perjalanan reformasi tersebut salah satunya dengan perubahan sistem pemerintahan Indonesia yang dahulu menganut sistem sentralisasi menjadi negara desentralisasi.

Untuk capaian 10 tahun reformasi birokrasi di Indonesia, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengklaim beberapa bukti capaian RB yang meliputi implementasi sistem merit lewat rekrutmen ASN berbasis sistem computer assisted test (CAT) yang dalam hal ini secara teknis dilakukan oleh BKN selaku instansi pembina manajemen kepegawaian, transparansi dan akuntabilitas pengelolaan anggaran, penerapan e-government, dan beragam inovasi di sektor pelayanan publik.

Salah satu delegasi dari Korea Foundation, Mr.Seong In Kim dalam paparannya menuturkan bahwa forum pembahasan pelaksanaan reformasi birokrasi seperti ini membuka ruang sharing antara negara, selain meningkatkan kerja sama yang sudah terbangun di bidang reformasi birokrasi, negara ASEAN dengan Korea dapat saling bertukar capaian dan gagasan perubahan reformasi birokrasi ke depan.

Menyoroti perkembangan reformasi administrasi publik khususnya di kawasan Asia, Head School of Business University of New South Wales Canberra Australia Prof. Michael O’Donnell memaparkan beberapa strategi reformasi administrasi publik di Asia. Salah satunya dengan pemberantasan korupsi melalui implementasi transparansi sistem berbasis digital (reduce corruption) dan leadership development & selection.des