19
Jun

Harus Mengacu Aturan, tak Boleh Serta Merta

Jakarta – Humasbkn, KEPALA Kantor Regional (Kakanreg) XIII BKN Aceh, Makmur Ibrahim mengatakan tujuan acara ‘gathering pembahasan sistem merit dalam pengisian jabatan pimpinan tinggi’ yang berlangsung di Banda Aceh, Jumat (16/6) untuk membekali kepala daerah terpilih tentang aturan atau pedoman dalam melakukan mutasi.

Menurut Makmur, sebenarnya proses mutasi melalui sistem merit sudah pernah dilakukan oleh Gubernur Aceh periode 2007-2012, Irwandi Yusuf.

“Khusus kita undang kepala daerah terpilih agar mengerti bagaimana dalam menempatkan pejabat pimpinan tinggi pratama. Kalau di daerah itu kepala dinas atau badan. Selama ini di Aceh sering terjadi pemindahan dengan serta merta dan tidak sesuai dengan sistem merit. Ini ada mekanisme dan harus dilaksanakan,” katanya.

Khusus di Aceh, sambungnya, kewenangan pelantikan tetap berada pada gubernur/bupati/wali kota, tetapi prosedur pengangkatan pejabat mengacu UU Nomor 5 Tahun 2014 dan PP Nomor 11 Tahun 2017. Dalam Pasal 118 ayat (1) UUPA juga disebutkan manajemen PNS Aceh merupakan satu kesatuan manajemen secara nasional. Artinya UUPA tunduk kepada Undang-Undang Kepegawaian.tribunnews.com