09
Mei

Hingga Mei 2019, Angka IP ASN di Kementerian/Lembaga/Daerah (K/L/D) Masih Rendah

Jakarta – Humas BKN, Hingga Mei 2019, jumlah partisipasi pada pelaksanaan Indeks Profesionalitas (IP) Aparatur Sipil Negara (ASN) belum maksimal dan angka IP ASN di Kementerian/Lembaga/Daerah (K/L/D) masih rendah. Pernyataan tersebut disampaikan Direktur Jabatan ASN, Aidu Tauhid, dalam kegiatan Finalisasi Penyusunan Laporan Pengukuran IP ASN dan Evaluasi Pengembangan Aplikasi IP ASN, Rabu (09/5/2019) di Hotel Teraskita, Jakarta.

Aidu melanjutkan, data sampling menunjukkan tingkat partisipasi nasional hanya sebesar 37,1% dengan kisaran nilai 61-70. Merespons hal itu, Aidu mengupayakan evaluasi terhadap pengukuran indeks profesionalitas dengan melibatkan seluruh Kantor Regional BKN. “Tidak ingin menjustifikasi, setelah ini ditargetkan mencapai nilai 73. Sambil melakukan evaluasi apa formula yang tepat untuk bisa mengukur indeks profesionalitas ASN,” ujarnya. Seperti yang telah diberitakan sebelumnya BKN mengawal implementasi Indeks Profesional ASN agar kompetensi ASN di seluruh Indonesia dapat terpetakan dan terbentuk standar profesionalitas ASN yang mampu meningkatkan produktivitas, nilai lembaga pemerintahan, membawa perubahan, serta kontrol sosial.

Sementara itu Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian BKN, Haryomo Dwi Putranto, yang membuka kegiatan tersebut kembali mengingatkan peran seluruh kantor Regional BKN pada pelaksanaan IP ASN. “Oleh sebab itu, pada kesempatan ini, seluruh Kantor Regional akan diberikan hak akses aplikasi IP ASN dan juga buku IP ASN,” pungkasnya. Pada kegiatan yang diikuti perwakilan Biro Kepegawaian, Biro Perencanaan dan Kantor Regional BKN seluruh Indonesia itu, juga dilakukan evaluasi pengembangan aplikasi IP ASN dan pengembangan teknis pengukuran IP ASN. ber/sufi/tiffany