13
Apr

Hubungan Industrial Harmonis Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Surabaya-Humas BKN, Hubungan industrial yang harmonis, kondusif dan berkeadilan menjadi kepentingan semua pihak. Demikian disampaikan oleh Dirjen PHI Dan Jaminan Sosial Kemenaker RI Haiyani Rumondang dalam Forum Tematik Diskusi Bakohumas Kemenaker RI di Novotel Samator-Surabaya Timur, Rabu (11/4/2018).

Haiyani menuturkan bahwa hubungan industrial ke depan harus lebih solid. Sebab, menurutnya tantangan sektor ketenagakerjaan akan semakin berat. “Salah satunya tampak dalam perubahan karakter pekerjaan akibat perkembangan teknologi informasi. Hal itu harus menjadi fokus bersama antara pemerintah, dunia usaha dan serikat pekerja, ” ujar Haiyani.

Haiyani menambahkan bahwa hubungan industrial yang harmonis di perusahaan akan mendorong pertumbuhan ekonomi bangsa. Haiyani melanjutkan bahwa perselisihan pendapat maupun kepentingan antara pengusaha dan pekerja dapat mengganggu stabilitas ekonomi nasional. “Pemerintah harus mendorong semua pihak untuk menciptakan hubungan industrial yang harmonis dan berkeadilan,” ujar Haiyani.

Usai menghadiri acara tersebut, Staf Humas BKN Subali yang hadir dalam acara Bakohumas kali ini menyampaikan pendapat bahwa harmonisasi antarpihak sangat penting untuk meningkatkan produktivitas usaha maupun kesejahteraan. “Kuncinya adalah dialog yang efektif dan produktif antarapihak management dengan Serikat Pekerja (SP),” ujar Subali. bal