12
Okt

Integrasikan 14 Aplikasi Sistem di Lingkungan Sesma , BKN Ciptakan Sesma – One BKN

Jakarta-Humas BKN. “Menghindari terjadinya ketimpangan data dan data berulang, sikronisasi satu aplikasi dengan aplikasi yang lainnya dalam satu kaitan dapat mendukung data dan informasi”, ujar Supranawa Yusuf selaku Sekretaris Utama BKN dalam pembukaan acara Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Sesma – One BKN yang berlangsung di Aula lantai 5 gedung I BKN pada Jum’at (12/10/2018) yang dihadiri oleh Pimpinan Pejabat Tinggi Pratama di Lingkungan Sesma BKN, perwakilan Pejabat Pengawas serta para admin aplikasi yang ada di lingkungan Sekretaris Utama BKN.

Direktur Pengolahan Data dan Kepegawaian, Sabar P Sormin selaku ketua pelaksana dalam acara tersebut mengungkapkan secara garis besar dalam pembangunan SesOne.bkn.go.id akan ada tiga kelompok besar pekerjaan meliputi Pengintegrasian aplikasi yang eksisting kedalam sistem Single Sign On (SSO), Pengembangan Sistem dimana akan adanya pengembangan aplikasi dan database serta mengintegritasikan kedalam SSO serta Pembangunan Sistem yang bermuaranya juga ke SSO. “saat ini akan ada 14 aplikasi di bawah Sekretaris Utama yang akan di integrasikan secara bertahap, diantaranya 6 aplikasi Biro Keuangan (Sikap, Gaji Online, Siava, e-travel, si-honor dan SPTB online), 2 aplikasi Biro Perencanaan (e-Lakip dan Siap), 2 aplikasi Biro Umum (Sioni dan Barcode Asset), 1 aplikasi Biro Kepegawaian (Presensi Online) dan 1 aplikasi Inspektorat yaitu e-Audit”, terang Sabar.

Selanjutnya, Yusuf berpesan dengan adanya masa transisi ini, pastikan semua data tetap tersimpan dengan baik agar tidak ada kemungkinan data yang hilang/human error selama masa migrasi data tersebut. “Manfaatkanlah sebaik-baiknya, jangan sampai mangkrah dengan pemanfaatan kemajuan teknologi karena akan berimbas pada image masyarakat yang lebih bagus”, tutur Yusuf.

Terakhir Yusuf berharap kedepan dengan sistem SSO ini harus diperluas tidak hanya dalam lingkungan Sekretaris Utama saja tapi ke Kedeputian-kedeputian lain di lingkungan BKN. dey