10
Agst

Kantor UPT BKN Hadir di Kota Ternate Provinsi Maluku Utara

Ternate-Humas BKN, “Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Maluku Utara menyambut dibukanya Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Ternate dengan baik, berarti kita sudah selangkah lebih maju lagi dalam meningkatkan pelayanan masyarakat, terutama kebutuhan bagi para ASN.” Hal itu disampaikan Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara (Pj Sekprov Malut) Bambang Hermawan saat menghadiri peresmian kantor UPT BKN di Ternate, Jumat (9/8/2019).

Bambang melanjutkan, saat ini jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemprov Malut ada sekitar 7.000 orang, ini sudah termasuk jabatan guru dan administrasi di SMA, SMK, dan SLB. Hal itu, menyebabkan beban anggaran yang tidak sedikit saat hendak berkoordinasi tentang teknis kepegawaian dengan BKN. “Ke depan, dengan adanya Kantor UPT BKN Ternate, anggaran perjalanan dinas kepegawaian bisa dialihkan ke sektor lain. Selain itu, pelaksanaan sistem merit dapat terbantu dengan fasilitas Assessment Center dan Computer Assisted Test (CAT) BKN,” tutupnya.

“Tahun ini peresmian Kantor UPT BKN adalah yang pertama di tahun 2019,” ujar Bima.

Di saat yang sama, Kepala BKN, Bima Haria Wibisana yang hadir pada peresmian tersebut mengatakan Kantor UPT BKN Ternate adalah yang ke-17 dari target 20 Kantor UPT BKN. “Tahun ini peresmian Kantor UPT BKN adalah yang pertama di tahun 2019,” ujarnya. Bima mengatakan, pembentukan Kantor UPT BKN di Ternate ini bertujuan untuk mendorong pelayanan di bidang kepegawaian semakin baik. “Jadi kalau ada tes CPNS, ujian kenaikan pangkat dan penyelesaian administrasi kepegawaian bisa dilakukan di Kantor UPT BKN Ternate,” katanya.

Selain itu, Bima mendorong Pemprov Malut untuk melaksanakan manajemen ASN berbasis sistem merit. “Kantor UPT BKN Ternate memiliki fasilitas Assessment Center yang dapat digunakan Pemprov Malut. Semoga manajemen ASN di Pemprov Malut bisa menjadi kelas dunia dan dicontoh pemerintah daerah lainnya,” pungkasnya. bas/ber