12
Sep

Kemensos Libatkan Humas K/L Kenalkan Lebih Dekat Program Bantuan Sosial Pemerintah ke Publik

Jakarta-Humas BKN, Bersama Praktisi Humas Kementerian/Lembaga (K/L) yang tergabung dalam Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) Pemerintah, perwakilan Humas BKN turut berpartisipasi dalam desiminasi perihal jenis program bantuan sosial Pemerintah. “Kenal Lebih Dekat Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)” menjadi tema pembahasan Forum Kehumasan yang digelar Kementerian Sosial RI pada Rabu, (12/09/2018) di Aryaduta Hotel Jakarta.

Membuka forum tersebut, Staf Ahli Kominfo mewakili Dirjen Komunikasi dan Informasi Publik (KIP) Gugun Siswandi menggarisbawahi pentingnya bantuan dan keterlibatan rekan Humas K/L untuk penyebaran program ini secara masif supaya tidak hanya sampai pada penerima manfaat, tetapi juga masyarakat umum.

Pada sesi pemaparan dan diskusi, Kepala Bagian Keuangan Dirjen Fakir Miskin Kemensos RI menjelaskan perihal PKH berfokus pada pemberian bantuan baik dari aspek kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan sosial seperti bantuan kesehatan ibu hamil, biaya sekolah anak, sampai lansia. Penerima manfaatnya tentu masyarakat Indonesia yang berasal dari golongan kondisi ekonomi minim.

Untuk progress program BPNT, lanjutnya sudah memberikan bantuan berupa beras berkualitas medium sejumlah 10 kg/per bulan bagi masing-masing keluarga miskin penerima manfaat. Program ini secara spesifik bertujuan untuk meningkatkan nutrisi masyarakat yang berada di garis kemiskinan.

“Untuk penerima manfaatnya sendiri merupakan keluarga dengan kondisi sosial ekonomi 25% terendah di daerah pelaksanaan, dan untuk data penerima manfaat kita bersinergi dengan Pemerintah Daerah dari tingkat Provinsi sampai Kabupaten,” jelasnya.

Sebagai informasi, realisasi program PKH dilaksanakan sesuai Peraturan Menteri Sosial RI (Permensos) Nomor 1 Tahun 2018. Selanjutnya untuk program BPNT diatur dengan Permensos 11 Tahun 2018 tentang Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai. des