12
Okt

Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO) dan Penetapan Pensiun Otomatis (PPO) Diharapkan Dapat Mempermudah Layanan Masyarakat di Papua

Jayapura-Humas BKN, Pemkot Jayapura menjadi role model dalam Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO) dan Penetapan Pensiun Otomatis (PPO) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Jayapura yang telah dicanangkan langsung oleh Kepala Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara (Kakanreg BKN) IX Jayapura, Paulus Dwi Laksono bersama Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano dan Kepala Taspen Cabang Jayapura Janu Warsito, Senin (9/10/2017).

Paulus, dua dari kiri.(foto: dok.KanregIXBKNJayapura)

Kenaikan Pangkat (KP) dan Pensiun menjadi tujuan untuk meningkatkan percepatan layanan kepegawaian utama. Di mana dalam KPO yang dilakukan pada bulan Oktober 2017 diberikan kepada 428 ASN terdiri dari Golongan I, II dan III di lingkungan Pemkot Jayapura dan sebanyak 7 orang ASN yang menerima SK pensiun otomatis. Paulus mengakui bahwa Pemkot Jayapura menjadi role model KPO klaim pensiun otomatis pertama kali dilakukan di Provinsi Papua dan Papua Barat. “Terpilihnya Kota Jayapura menjadi role model KPO merupakan suatu penghargaan yang diharapkan pemerintah kota menjadi rujukan role model untuk seluruh kabupaten di tanah Papua,” tambah Paulus.

Lebih lanjut Paulus berharap dengan adanya KPO ini akan lebih memberikan pelayanan kepada ASN dan tidak lagi diperlukan pengurusan secara manual yang membutuhkan waktu yang lama. (foto: dok.KanregIXBKNJayapura)

Lebih lanjut Paulus berharap dengan adanya KPO ini akan lebih memberikan pelayanan kepada ASN dan tidak lagi diperlukan pengurusan secara manual yang membutuhkan waktu yang lama, banyak tenaga dan lainnya. “Inovasi ini merupakan komitmen BKN untuk terus melakukan terobosan dalam mempermudah serta mengoptimalkan seluruh sistem informasi kepegawaian yang cepat dan akurat dengan bekerja sama melalui seluruh pihak, terutama pihak setiap Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dalam melakukan rekonsiliasi data ASN melalui Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) yang dimiliki BKN,” tandasnya.

Pada acara yang sama, Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano mengatakan dukungannya terhadap terlaksananya pelayanan KPO dan PPO secara otomatis ini, karena merupakan langkah maju bagi Pemkot Jayapura sehingga para ASN maupun peserta pensiun lebih cepat dan tidak memakan waktu yang lama. Benhur berterima kasih dan memberikan apresiasi atas kerja sama pihak Kanreg IX Jayapura dan PT Taspen Cabang Jayapura melalui pelayanan KPO dan Layanan Klaim Pensiun Otomatis. dey/riz