15
Jun

Kepala BKKBN : Minimnya Intensitas Komunikasi, Lemahkan Ketahanan Keluarga

IMG-20170615-WA0002

Surya Chandra Surapaty mengatakan interaksi dalam sebuah keluarga sangat memegang peranan penting dalam pembangunan suatu keluarga. (foto: win)

 Jakarta-Humas BKN, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Surya Chandra Surapaty mengatakan interaksi dalam sebuah keluarga sangat memegang peranan penting dalam pembangunan suatu keluarga. Semakin berkurangnya intensitas komunikasi antarpersonel dalam keluarga menyebabkan ketahanan keluarga menjadi lemah. Hal tersebut dapat memicu kondisi bencana kependudukan yang ditandai dengan meningkatnya kekerasan dalam rumah tangga serta angka kriminalitas yang semakin tinggi. Hal itu disampaikan Kepala BKKBN dalam Forum Tematik Bakohumas pada Rabu (14/6/2017), di Ruang Auditorium Kantor BKKBN Pusat, Jakarta. Forum Bakohumas itu juga digelar untuk menyosialisasikan Hari Keluarga Berencana Nasional (Harganas) ke XXIV yang akan diperingati pada 29 Juni 2017 mendatang.

IMG-20170615-WA0004

Logo Harganas

Kepala BKKBN menambahkan ditetapkannya Harganas diharapkan juga dapat menjadi pemantik kembalinya nilai-nilai interaksi dalam keluarga di tengah pesatnya kemajuan teknologi informasi serta menciptakan keturunan yang menjadi manusia berkualitas, bermoral, berpendidikan, dan berkarakter sehingga dapat mewujudkan Keluarga Berketahanan Indonesia Mandiri dan Sejahtera. “Pendekatan ketahanan keluarga itu sendiri adalah keluarga berkumpul, keluarga berinteraksi, keluarga berdaya serta keluarga peduli dan berbagi”, imbuh Surya.

Sementara itu forum Bakohumas yang dihadiri praktisi humas berbagai kementerian dan lembaga, termasuk tim humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) itu mengangkat tema Melalui Kemitraan Forum Bakohumas, Mari Kita Sosialisasikan Harganas XXIV Tahun 2017 Guna Membangkitkan Keluarga Indonesia Membangun Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera.

Di bagian lain Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, selaku Ketua Forum Bakohumas, Rosarita Niken Widiastuti mengajak seluruh praktisi humas K/L bersama-sama mensosialisasikan Harganas tahun 2017. “Keluarga perlu terus berkumpul di tengah perkembangan teknologi, Keluarga berkumpul merupakan awal membangun keluarga bahagia dan membangun indonesia bahagia”, ujar Rosarita.

IMG-20170615-WA0003

“Keluarga berkumpul merupakan awal membangun keluarga bahagia dan membangun indonesia bahagia”, ujar Rosarita. (foto: win)

Di bagian lain, Deputi Bidang keluarga Sejahtera/Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN, Ambar Rahayu mengatakan acara puncak peringatan Harganas XXIV Tahun 2017 akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan  seperti aksi GenRe (Generasi Berencana), seminar, olahraga/jalan sehat, bakti sosial, pameran dan gelar dagang dengan melibatkan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga(UP2K), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS), Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten dan Kota se-Provinsi Lampung, pasar rakyat, festival kuliner, dan pagelaran seni budaya. Selain itu, akan diselenggarakan pula pemberian tanda penghargaan kepada para kepala daerah, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dan tenaga profesional yang dinilai telah berjasa dalam pelaksanaan Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembagunan Keluarga (KKBPK). Untuk Tahun 2017 ini Provinsi Lampung akan menjadi tuan rumah acara puncak peringatan Harganas XXIV Tahun 2017. win/was