14
Jun

Kepala BKN dan Wali Kota Tarakan Tandatangani Perjanjian Kerja Sama, UPT BKN Segera Hadir di Tarakan

Kepala BKN Bima Haria Wibisana (kanan) berjabat tangan dengan Walikota Tarakan Khaerul (kiri) setelah melakukan penandatangan perjanjian kerja sama pinjam pakai gedung milik pemkot Tarakan. doc:wik

Humas BKN-Tarakan, “Terima kasih telah memilih Tarakan sebagai lokasi berdirinya Kantor Unit Pelayanan Teknis Badan Kepegawaian Negara (UPT BKN)”. Pernyataan tersebut disampaikan Wali Kota Tarakan, Khaerul, pada acara penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Pinjam Pakai Gedung milik Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan dengan Badan Kepegawaian Negara, Kamis (13/6/2019) di Kantor Wali Kota Tarakan. “Selain untuk mempermudah layanan kepegawaian bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Provinsi Kalimantan Utara, adanya UPT BKN juga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Tarakan”, imbuh Khaerul.

Hal senada disampaikan Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, bahwa berdirinya Unit Penyelenggara Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi ASN atau lebih dikenal dengan sebutan UPT BKN di Kota Tarakan akan mendekatkan layanan manajemen kepegawaian tidak hanya bagi ASN namun juga bagi masyarakat yang akan mendaftar sebagai Calon ASN atau mengikuti ujian Sekolah Ikatan Dinas yang menggunakan sistem seleksi Computer Assisted Test (CAT) BKN. “Masyarakat Provinsi Kalimantan Utara tidak perlu jauh-jauh pergi ke Banjarmasin (Provinsi Kalimantan Selatan) mengingat Kalimantan Utara berada di wilayah kerja Kantor Regional BKN VIII Banjarmasin, cukup datang ke Tarakan, masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas UPT BKN, ini tentu akan meringankan masyarakat dari segi waktu dan biaya.”

Bima menambahkan UPT BKN memiliki stasiun CAT BKN sebagai sarana merekrut Calon ASN maupun seleksi ujian Sekolah Ikatan Dinas, CAT BKN juga bisa digunakan untuk Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah. Tidak hanya itu, UPT BKN juga dapat memfasilitasi pelaksanaan Assessment untuk seleksi pengangkatan jabatan ataupun pelaksanaan Talent Pool bagi ASN yang berbasis CAT. “Ke depan tidak tertutup kemungkinan UPT BKN akan berkembang menjadi Kantor Regional sehingga mampu memberikan layanan manajemen kepegawaian yang lebih luas lagi,” tutup Bima.

Pemkot Tarakan merespons cepat rencana pengembangan UPT BKN ke depan dengan menawarkan hibah tanah milik Pemkot Tarakan di bagian utara. Hal ini disambut baik oleh Kepala Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin, Ramdhani. “UPT BKN sebenarnya memiliki standar gedung yang harus dibangun, dan jika Pemkot Tarakan memberikan hibah tanah tentu BKN akan membangun gedung UPT sesuai dengan standar fasilitas, sehingga manfaatnya dapat dirasakan lebih luas lagi oleh masyarakat Provinsi Kalimantan Utara khususnya di Kota Tarakan.” wik/aya