15
Jul

Kolaborasi dengan Pusdiktan BPPSDMP Kementerian Pertanian, BKN Gelar SPMB Polbangtan

Jakarta-Humas BKN, Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) pada Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian berkolaborasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyelenggarakan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Politeknik Pengembangan Pertanian (Polbangtan) Tahun Ajaran 2019/2020 di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Senin (15/07/2019). Seleksi yang diselenggarakan pertama kali dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) tersebut diikuti sebanyak 631 peserta yang terbagi menjadi dua sesi untuk titik lokasi Kantor BKN Pusat.

Selain berlokasi di Kantor BKN Pusat, SPMB Polbangtan juga digelar di beberapa lokasi, seperti Kanreg I BKN Yogyakarta, Kanreg IV BKN Makassar, Kanreg VI BKN Medan, Kanreg VII BKN Palembang, dan Kanreg XII BKN Pekanbaru. Direktur Polbangtan Bogor, Siswoyo mengungkapkan SPMB menggunakan CAT merupakan kolaborasi kali pertama dengan BKN yang dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kualitas penyelenggaraan seleksi mahasiswa baru, terutama penggunaan CAT sebagai media seleksi yang diyakini sangat dipercaya oleh publik.

Melalui CAT, pihak Polbangtan berharap pelaksanaan SPMB dapat berlangsung lebih baik serta lebih cepat, karena nilai langsung dapat diperoleh begitu peserta selesai mengerjakan soal. “Seleksi dengan menggunakan CAT juga sangat transparan dan akuntabel, hal ini dilakukan agar pelaksanaan kegiatan menjadi lebih baik di masa yang akan datang,” ujarnya.

Siswoyo juga menyampaikan rencana Pusdiktan BPPSDMP Kementerian Pertanian yang ke depan akan terus berkolaborasi dengan BKN dalam menyelenggarakan seleksi mahasiswa baru Polbangtan. Selain itu, Siswoyo juga menyampaikan pesan kepada para peserta untuk siap dalam menghadapi seleksi tersebut. “Peserta harus siap, khususnya terbiasa dalam menggunakan Teknologi Informasi dalam seleksi berbasis CAT ini,” tambahnya.

Heri Susilowati(kiri).

Pada kesempatan tersebut, Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) BKN, Heri Susilowati juga hadir untuk memberikan pengarahan langsung kepada para peserta tentang mekanisme tes berbasis CAT. Selain seleksi dengan CAT, selanjutnya peserta juga akan mengikuti proses wawancara yang dilaksanakan di Polbangtan Bogor dan beberapa lokasi lainnya. kaw