07
Sep

Komisi Kepegawaian Timor-Leste Pelajari Sistem KPE BKN

Jakarta – Humas BKN, Untuk mempelajari manajemen administrasi kepegawaian pemerintah yang diperankan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), Komisi Kepegawaian Demokratik Timor-Leste mengunjungi Kantor Pusat BKN Jakarta pada Kamis, (6/9/2017). Secara spesifik tujuan pertemuan itu dilakukan untuk mengetahui lebih jauh terkait pengelolaan Kartu Pegawai Negeri Sipil Elektronik (KPE).

Salah satu Anggota Komisi, Jose Telo Soares Cristovao menyampaikan bahwa salah satu alasan kunjungan resmi yang dilakukan pagi ini yakni sistem KPE yang dibangun BKN dinilai sudah baik. Selain itu sebagaimana sejarah panjang mencatat bahwa antara Timor Leste dan Indonesia memiliki hubungan yang dekat. “Kami berkunjung ke BKN disambut seperti hubungan Kakak dengan Adik, bukan seperti tamu oleh tuan rumah,” ujar Jose.

Anggota Komisi, Jose(tengah). (foto: kis)

Anggota Komisi, Jose(tengah). (foto: kis)

Usai menerima penjelasan secara rinci terkait administrasi pengelolaan KPE dan melihat bentuk fisiknya, Jose memberikan apresiasi kekagumannya. “Sangat berbeda dengan di Negara kami, kartu pegawai hanya dibuat seperti KTP saja,” terang Jose. Sementara menurut Jose fitur KPE dibuat canggih dan multifungsi. “KPE semacam smart card,” imbuhnya. Jose berharap pemanfaatan model KPE Indonesia dapat diterapkan dalam pengelolaan pegawai pemerintah di Timor Leste.

Iwan hermanto dan jose, perwakilan timor leste.(foto:kis)

Iwan, Deputi Sistem Informasi Kepegawaian dan jose, perwakilan Timor Leste.(foto:kis)

Sebagai smart card, KPE merupakan kartu yang memiliki chips berisi data pribadi PNS yang bersangkutan, data istri, anak, dan biometric data fiture/finger print. Kunjungan Komisi Kepegawaian Demokratik Timor-Leste diterima oleh sejumlah pejabat BKN di antaranya Deputi Sistem Informasi Kepegawaian Iwan Hermanto, Kepala Biro Humas Mohammad Ridwan, Direktur Pengembangan Sistem Informasi Kepegawaian Bajoe Loedi H, Kepala Bagian Hubungan Media dan Pengaduan Herman, dan Kepala Bagian Publikasi Titin S. bal