02
Apr

Komnas HAM Studi Banding Pengelolaan Anggaran dari BKN

dok: Kis

Jakarta-Humas BKN, Sekitar 7 pegawai Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mendatangi Kantor BKN Pusat, Jakarta, Selasa (02/04/2019) dalam rangka kunjungan kerja terhadap pengelolaan dan pelaksanaan anggaran pada Biro Keuangan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Kepala Biro Umum Komnas HAM, Widjatmoko yang menjadi pimpinan dalam rombongan tersebut menyampaikan bahwa kunjungan kali ini sebagai upaya dalam meningkatkan pengetahuan dan berbagi informasi tentang pengelolaan anggaran di BKN. “Selain itu tujuannya untuk meningkatkan performa Instansi dalam bidang keuangan,”lanjutnya.

dok: Kis

Dalam kesempatan tersebut, Andrayati selaku Kepala Biro Keuangan BKN menjelaskan 8 aplikasi yang mendukung transaksi keuangan di BKN salah satunya Sistem Aplikasi Verifikasi Anggaran (SIAVA). Andrayati juga menjelaskan bahwa dengan pelaksanaan anggaran dan pengelolaan keuangan yang akuntabel dan transparan, BKN telah meraih beberapa penghargaan diantaranya Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang telah diraih 9 kali secara berturut-turut sejak tahun 2009. “Meningkatkan kualitas pelayanan di bidang keuangan terhadap customer di internal BKN menjadi tantangan serta misi organisasi,”tambahnya.

Dalam sesi diskusi, Andrayati menjelaskan tentang pengelolaan tata naskah gaji Pegawai BKN Pusat, perencanaan implementasi SIAVA pada Kantor Regional, Focus Group Discussion sinergitas peningkatan akuntabilitas pengelolaan keuangan yang menjadi rencana strategis Biro Keuangan BKN Tahun 2019. kaw/sis