07
Des

Konsepsi Manajemen ASN ke Depan Bertumpu pada Manajemen Talenta

Jakarta – Humas BKN, Konsepsi manajemen Aparatus Sipil Negara (ASN) ke depan bertumpu pada manajemen talenta. Hal itu disampaikan Kepala BKN, Bima Haria Wibisana saat membuka secara langsung Rapat Koordinasi Penyerahan Hasil Pemetaan Preferensi Kompetensi Jabatan Pelaksana di Kantor Pusat BKN, Jumat (7/12/2018).

Bima melanjutkan, hal itu dapat didukung dengan peta atau database talenta kompetensi setiap PNS. “Dengan adanya database yang berisikan talenta setiap PNS, maka pengambilan kebijakan untuk pengembangan karir didasarkan pada database itu,” ujarnya.

Di saat yang sama, Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen ASN BKN, Heri Susilowati menjelaskan jika khusus untuk pemetaan bagi jabatan pelaksana, pengukuran dilakukan pada potensinya, belum kompetensi. “Preferensi kompetensi yang dilakukan kepada jabatan pelaksana kali ini mengukur potensinya, berbeda dengan yang dilakukan bagi Jabatan Administrator dan Pratama,” katanya.

Heri menambahkan, dari pelaksanaan pemetaan kali ini, sedikitnya terdapat 71.394 data yang dihasilkan, yang berasal dari 401 instansi, dengan rincian 245 Pemerintah Kabupaten, 72 Pemerintah Kota, 25 Pemerintah Provinsi, serta 59 pemerintah Instansi Pusat. “Total ada 401 instansi yang mengikuti pemetaan kali ini. Dari jumlah itu, salah satu hasil yang diketahui adalah tingkat kesesuaian minat jabatan dengan potensi diri, yakni hanya 15,3% saja,” pungkasnya. ber