10
Jul

LPDP Percayakan CAT BKN Dalam Seleksi Penerimaan Beasiswa Tahun 2018

Jakarta- Humas BKN, Sistem rekrutmen melalui Computer Assisted Test (CAT) BKN semakin dipercaya sebagai sistem seleksi di beberapa lembaga pemerintahan maupun non-pemerintah. Kali ini CAT BKN dipercaya oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dalam rangka pelaksanaan seleksi Beasiswa Pendidikan Indonesia. Tahun ini merupakan tahun pertama LPDP menggunakan CAT BKN dalam pelaksanaan seleksi penerimaan beasiswa baik dalam maupun luar negeri.

Zanaria, selaku Plt Direktur Riset LPDP menjelaskan bahwa seleksi kali ini merupakan seleksi penerimaan beasiswa jenjang S2 dan S3 dalam negeri dan diikuti sebanyak 3930 peserta yang diselenggarakan di lingkungan Kantor Pusat maupun beberapa kantor regional BKN yang tersebar di wilayah Indonesia di antaranya, Kantor Regional V Jakarta, Kantor Regional I Jogjakarta, Kantor Regional II Surabaya serta Kantor Regional VI Medan. “Dalam tahap ini, proses seleksi diikuti oleh peserta yang ingin mengambil beasiswa dalam negeri, namun dalam waktu dekat penerima beasiswa luar negeri juga akan menggunakan sistem seleksi menggunakan CAT BKN” jelas Zanaria saat pelaksanaan ujian beasiswa di Kantor Pusat BKN Jakarta pada Selasa (10/07/2018).

Selain itu, Zanaria juga mengungkapkan dengan menggunakan CAT BKN, transparansi sistem seleksi dapat terjaga dengan baik dan diharapkan dapat menjaring penerima beasiswa yang lebih kompeten. “Kami percaya BKN telah berpengalaman dalam proses seleksi penerimaan baik bagi instansi pemerintahan maupun non-pemerintah ditambah dengan tersebarnya kantor regional diseluruh Indonesia sehingga memenuhi apa yang dibutuhkan LPDP untuk menggunakan CAT BKN sebagai sistem seleksi penerimaan beasiswa pada tahun ini”.

Pada kegiatan yang sama, Heri Susilowati selaku Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen (PPSR) menyampaikan harapannya, dengan terjalinnya kerjasama antar BKN dan LPDP, BKN dapat memberikan kualitas pelayanan yang baik terkait sistem seleksi menggunakan CAT BKN. “Kami akan terus meningkatkan kualitas pelayanan agar dapat terus di percaya bahwa CAT BKN merupakan sistem penerimaan rekrutmen yang transparan dan akuntabel” ungkap Heri. iin