10
Sep

“Menjaga Daerah Perbatasan Bagian dari Menjaga Kedaulatan NKRI”

Jakarta-Humas BKN, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) kembali menginformasikan tentang pentingnya menjaga perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) demi menjaga kedaulatan wilayah. Hal itu disampaikan Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP Boytenjuri saat memberikan pengarahan sekaligus membuka secara resmi Forum Tematik Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) Pemerintah BNPP Tahun 2018 di Media Hotel dan Tower, Senin (10/9/2018).

Boytenjuri melanjutkan, selain aspek kedaulatan, pentingnya menjaga dan memelihara perbatasan negara dikarenakan banyak masyarakat yang bermukim di daerah perbatasan atau wilayah terluar NKRI. “Keterbatasan terhadap akses pendidikan, kesehatan dan kebutuhan lainnya, cukup membuat kehidupan masyarakat kita susah. Untuk itu, BNPP berharap dukungan dan bantuan dari seluruh Kementerian/Lembaga/Daerah untuk bersama-sama mendukung penjagaan dan pemeliharaan perbatasan,” ujar Boy.

Boy mengapresiasi langkah Pemerintah yang telah merekrut PNS untuk wilayah Kalimantan Utara dan menempatkan mereka di wilayah-wilayah perbatasan. “Khusus pulau Kalimantan, titik perbatasan darat wilayah Republik Indonesia dengan Malaysia cukup banyak. Selain itu, banyak masyarakat kita yang tinggal di sana. Jadi dengan bertambahnya PNS di sana, kami berharap pelayanan publik dapat terpenuhi”. Boy berharap jangan sampai dikarenakan minim pelayanan publik dan akses terhadap informasi negara Indonesia, anak-anak negeri lebih hafal kebudayaan negara tetangga daripada negara sendiri.

Di bagian lain, Pranata Humas BKN, Subali, yang turut hadir pada acara tersebut setuju dengan penambahan personel PNS dalam rangka pemenuhan pelayanan publik, pemelihara dan pendukung pembangunan daerah perbatasan. “Karena PNS kan perekat bangsa. Maka tepat sekali jika ada PNS ditempatkan di wilayah perbatasan sebagai pelayan publik di wilayah itu dan perekat masyarakat mulai dari wilayah terluar Indonesia,” tutup Subali. ber/bal