01
Jun

Pancasila itu Leitstars Dinamis, Arah Perjuangan dan Pembangunan Bangsa Indonesia

Jakarta – Humas BKN, “Indonesia adalah saya, saya Indonesia. Kita semua Indonesia. Kita semua beragam. Bermacam suku, agama, ras dan budaya, itulah anugerah dari Allah SWT berikan untuk Indonesia. Keberagaman itulah kekuatan kita.” Hal itu disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana saat memberikan sambutan pada Upacara Bendera Peri memperingati Hari Lahir Pancasila dan Hari Ulang Tahun ke-71 BKN di Kantor Pusat BKN, Jakarta, Sabtu (1/6/2019).

Bima melanjutkan, keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para Pendiri Bangsa merupakan eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara. “Oleh sebab itu, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan,” ujarnya.

Kemudian, Bima mengatakan “Pertama, peringatan Hari Lahir Pancasila merupakan momentum penting untuk kita mengenang dan merefleksikan sejarah di mana pendiri bangsa menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga Indonesia yang majemuk dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa. Kedua, dengan merayakan Hari Lahir Pancasila, kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan negara yang lebih baik. Pancasila itu leitstars dinamis, bintang penuntun yang mengandung visi dan misi yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, nilai-nilai Pancasila harus kita resapi dan kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari, dalam kehidupan bermasyarakat dan dalam kehidupan bernegara”.

Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menjalankan fungsi perekat bangsa, sambung Bima, ASN wajib menjadi benang perajut keberagaman. “Masing-masing dari kita harus menjadi simpul, menjadi pemersatu, menjadi contoh, agar Bangsa Indonesia tetap kuat tetap rekat dalam keberagaman dengan berasaskan Pancasila,” tambahnya.
Pada kesempatan itu, Bima juga mengucapkan selamat dan terima kasih kepada seluruh pegawai atas dedikasi yang diberikan kepada BKN. “Pada tanggal 30 Mei lalu, BKN tepat berusia 71 tahun. Patut kita syukuri, BKN telah meraih berbagai prestasi dan pencapaian yang diapresiasi oleh masyarakat, Pemerintah bahkan dunia internasional. Namun tidak kita pungkiri, masih banyak PR yang harus kita kerjakan masih banyak target yang harus kita kejar. Namun saya yakin, dengan integritas dan komitmen terus melakukan inovasi, kita mampu mengejar ketertinggalan, agar layanan kepegawaian kita semakin meningkat dan mampu bersaing dalam kancah internasional,” ucapnya. ber