08
Nov

Pelajari Manajemen Administrasi Kepegawaian, 126 Siswa SMK Negeri 3 Jepara Kunjungi BKN

Jakarta-Humas BKN, Sesuai UU No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), Badan Kepegawaian Negara (BKN) berfungsi sebagai penyelenggara manajemen ASN mulai dari seleksi CPNS, pembinaan hingga pengawasan dan pengendalian manajemen kepegawaian ASN. Penjelasan tersebut disampaikan oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Biro Humas BKN, Ari Daryanto dalam kunjungan industri SMK Negeri 3 Jepara di Kantor Pusat BKN, Jakarta, Kamis (08/11/2018).

Kepala Bagian Hubungan Media dan Pengaduan Masyarakat Biro Humas BKN, Yudhantoro Bayu Wiratmoko menjelaskan kepada 126 siswa-siswi Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 3 Jepara tersebut tentang kemajuan teknologi dalam manajemen administrasi pegawai di BKN, terutama industri 4.0 yang menuntut para pegawai harus mampu menyesuaikan diri bekerja dengan beragam teknologi manajemen kepegawaian. “Saat ini semua sudah dalam genggaman, tentu ke depan akan ada banyak pembaharuan dalam sistem kepegawaian dan pegawai harus paham hal tersebut,” jelasnya.

Dalam kunjungan tersebut Bayu juga menyampaikan bahwa para siswa-siswi harus memiliki kemampuan terutama dalam pengoperasian komputer dan bahasa, karena hal tersebut adalah dasar kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang pegawai. Jika ingin menjadi bagian dari ASN, siswa-siswi tersebut dapat memilih jalur seleksi Sekolah Kedinasan, Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), atau melalui jalur seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Novita, salah satu siswi SMK Negeri 3 Jepara menyampaikan kesannya saat berkunjung k BKN. “BKN memiliki fasilitas lengkap dan semua pegawai sangat ramah dalam menyambut kami,” ujarnya.

Bayu berharap melalui kunjungan tersebut para siswa dapat termotivasi dan menambah wawasan serta pengetahuan khususnya di bidang administrasi perkantoran. lan/kaw