09
Sep

Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Teknis Manajemen ASN, Sarana ASN Berkontribusi Kepada Instansi

Ciawi-Humas BKN, Pelatihan dan sertifikasi manajemen ASN merupakan Program Prioritas Nasional (PPN) 2019 yang telah dicanangkan oleh BKN dalam Rapat Koordinasi Nasional Bidang Kepegawaian 2018 dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) bersama Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas). Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Diklat ASN BKN, Nur Hasan dalam pembukaan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Teknis Manajemen ASN jenjang Administrator dan Pengawas yang dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan Aparatur Sipil Negara Badan Kepegawaian Negara (Pusbang ASN BKN) pada Senin (09/09/2019).

Nur Hasan melanjutkan, kegiatan ini diselenggarakan guna memastikan terpenuhinya kompetensi manajemen ASN melalui pelatihan manajemen ASN dan uji kompetensi, sehingga akan melahirkan Pejabat Pengelola Kepegawaian Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah yang kompeten dan bersertifikat pada bidang manajemen ASN. Dalam pelatihan ini akan menerapkan beberapa metode, di antaranya ceramah, diskusi dan studi kasus mengenai substansi manajemen ASN serta penyusunan rencana tindak lanjut (action plan). “Tentunya dengan fasilitator yang expert dalam bidangnya masing-masing, seperti BUMN, pakar Praktisi, hingga Pejabat Struktural Instansi Pemerintah dan Widyaiswara,” jelasnya.

Kepala Pusbang ASN BKN, Ahmad Jalis pada kesempatan tersebut turut menyampaikan bahwa pelatihan ini dapat menjadi sarana ASN berkontribusi kepada Instansi melalui action plan dan return yang diberikan kepada Instansi setelah diselenggarakannya pelatihan tersebut. “Pelatihan ini seperti investasi, peserta merupakan hasil gap kompetisi dari pekerjaan dan kompetensi yang dibutuhkan dengan hasil pelatihan yang dapat dimanfaatkan oleh user-nya,” tutur Ahmad Jalis.

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 112 orang yang berasal dari Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah. Sedangkan pelaksanaan pelatihan dan sertifikasi manajemen ASN berlangsung selama dua hari dengan agenda penyampaian materi modul manajemen ASN dan uji kompetensi. kaw/sis