29
Mar

Pengurangan Penggunaan Plastik Jadi Tema Aktualisasi Salah Satu Peserta Latsar CPNS BKN

Ciawi-Humas BKN, Trie Tifany Natasha Pangabean, yang biasa dipanggil Tifany, sedang berkonsultasi dengan mentor Lugi Juwono, Kepala Subbagian Pengolahan Bahan Informasi dan Publikasi Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS). Tifany yang mengusung isu pengurangan penggunaan plastik sebagai bahan penelitiannya itu menjadi salah satu peserta Latsar CPNS dari BKN.

Selama konsultasi, Tifany menjelaskan bahwa isu Pengurangan penggunaan plastik diangkat untuk menindaklanjuti Surat Kepala BKN No. K26-30/V30-10/99 perihal himbauan untuk tidak menggunakan kemasan air minum berbahan plastik. “saya merasa ide dalam himbauan itu sangat bagus, akan tetapi publikasi dan sosialisasi mengenai ide tersebut saya rasa masih kurang,”ungkap Tifany di sela konsultasi. “Sebenarnya kita telah mempublikasikan ide itu melalui website dan media sosial, akan tetapi kami memang lebih berfokus kepada sosialisasi ke internal BKN, baik melalui tv media BKN maupun banner iklan elektronik di BKN Pusat,” sanggah Lugi. Akan tetapi Lugi juga mengapresiasi niat Tifany untuk meningkatkan sosialisasi himbauan tersebut kepada masyarakat umum, karena memang menjaga lingkungan itu adalah tanggung jawab kita bersama.

Selain Tifany, CPNS penempatan Kantor Regional IX BKN Jayapura, Lugi juga menjadi mentor bagi empat orang CPNS BKN lainnya dalam Latsar CPNS kali ini. Mulai dari Hanum Sofia Nur Merjanti yang menggagas Penataan Arsip Dokumentasi Digital Menggunakan Drive Sharing; Burhan Islami yang menggagas Webseries BKN “Saya ASN” bertema ANEKA, sebagai upaya meningkatkan engagement pada generasi milenial; Muhammad Arya Raharji Najib yang ingin mengangkat peran sentral Biro Hubungan Masyarakat dalam membangun citra positif ASN di mata masyarakat; dan Sufi Rahmawati yang ingin meningkatkan Habituasi Pelayanan Prima di Lingkungan BKN melalui Kampanye #ASNsiapmelayaninegeri.

Kelima CPNS yang dimentori Lugi tersebut akan menyampaikan idenya dalam Seminar Rancangan Aktualisasi peserta Latsar CPNS Gol. II Angkatan I & II, jumat 29 Maret 2019 di Gedung Pangrango, Pusbang ASN Jl. Pandansari No. 32, Ciawi, Bogor. Latsar kali ini juga diikuti oleh CPNS dari Badan Siber dan Sandi Negara, dan Pemerintah Kota Bekasi. LJ/FS