09
Agst

Peningkatan Kapasitas SDM ASN jadi Salah Satu Fokus Gerakan Indonesia Melayani

IMG-20170809-WA0016

(Foto: vino)

Jakarta-Humas BKN, Praktisi Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) turut menghadiri Seminar Kampanye Gerakan Indonesia Melayani (GIM), di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB), Rabu (9/9/2017). Seminar tersebut dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang esensi dari GIM kepada para praktisi Humas kementerian/lembaga yang kemudian diharapkan berperan aktif dalam menyosialisasikan gerakan tersebut kepada jajaran pegawai di instansi masing-masing.

Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji mengatakan “Sesuai Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 12 Tahun 2016 tentang GIM, seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kerja sama segenap praktisi humas dalam Badan Koordinasi Kehumasan/Bakohumas di lingkungan Pemerintah Pusat untuk mengampanyekan GIM”.

Lebih Lanjut Dwi Wahyu Atmaji mengatakan Program GIM fokus pada 10 hal yakni pertama, peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia Aparatur Sipil Negara (SDM ASN); Kedua, peningkatan penegakan disiplin Aparatur Pemerintah dan Penegak Hukum: Ketiga, penyempurnaan standar pelayanan dan sistem pelayanan yang inovatif (e-government); Keempat, penyempurnaan sistem manajemen kinerja (performance based management system) ASN; Kelima, peningkatan perilaku pelayanan publik yang cepat, transparan, akuntabel dan responsif; Keenam, penyempurnaan peraturan perundang-undangan; Ketujuh, penyederhanaan pelayanan birokrasi (debirokratisasi); Kedelapan, peningkatan penyediaan sarana dan prasarana yang menunjang pelayanan publik; Kesembilan, peningkatan penegakan hukum dan aturan di bidang pelayanan publik; Kesepuluh, penerapan sistem penghargaan dan sanksi beserta keteladanan pimpinan.

Seminar tersebut menghadirkan narasumber antara lain Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja, Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa, Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Eko Sulistyo dan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Yuliandre Darwis.

IMG-20170809-WA0014

(Foto: vino)

Paparan yang disampaikan para narasumber antara lain mengenai peran strategis Humas Pemerintah dalam Kampanye GIM, rencana aksi GIM, serta penyempurnaan standar pelayanan dan sistem pelayanan yang inovatif. Selain itu dibahas pula mengenai peningkatan kapasitas SDM Aparatur dalam GIM, strategi kampanye GIM dan pendayagunaan lembaga penyiaran untuk kampanye GIM. vin