30
Jun

Penipuan Dengan Mencatut Nama Pejabat BKN

Waspada Terhadap Berbagai Penipuan dalam Penerimaan CPNS

Jakarta-Humas BKN, Penipuan dalam penerimaan CPNS acapkali terjadi, dan kerap mencatut nama pejabat atau pun pegawai Badan Kepegawaian Negara (BKN). “Untuk itu, masyarakat harus mewaspadai berbagai modus penipuan ini,”tandas Kepala Bagian Hubungan Media dan Pengaduan Masyarakat Herman di ruang kerjanya di BKN Pusat, Senin (29/6).

Herman pun mengutarakan bahwa BKN telah melakukan berbagai upaya untuk mengeliminasi Penipuan dalam penerimaan CPNS, baik untuk CPNS jalur umum maupun tenaga honorer. Upaya ini antara lain dengan pemberitaan via web dan buletin BKN, notifikasi via media sosial facebook dan twitter, maupun konsultasi tatap muka serta audiensi. “Namun, sebagian masyarakat masih terkecoh dan menjadi korban penipuan ini,”tuturnya.

Beliau lebih lanjut menguraikan bahwa korban penipuan dalam penerimaan CPNS datang ke BKN guna memastikan kebenaran SK CPNS atau pun SK Penetapan NIP yang ditandatangani pejabat BKN. “Setelah kami teliti dan telaah secara cermat, SK CPNS atau pun SK Penetapan NIP tersebut bukan produk BKN,” ujarnya.

Herman menegaskan bahwa wewenang penerbitan dan penyerahan SK CPNS adalah pada masing-masing instansi, bukan pada BKN. Ada pun untuk penetapan NIP CPNS, BKN menetapkan Nota Pertimbangan Teknis NIP dan mengirimkan ke masing-masing Biro Kepegawaian/Badan Kepegawaian Daerah (BKD), bukan ke individu-individu tertentu. “Untuk itu, kami meminta masyarakat guna berhati-hati terhadap berbagai usaha penipuan ini, dan melaporkan kepada pihak kepolisian jika tejadi indikasi penipuan tersebut,” pungkasnya. Aman

 

Contoh Surat Palsu