09
Mar

“Penyelesaian Aduan Publik, Satu Wujud Nyata Pelaksanaan Reformasi Birokrasi”

Jakarta-Humas BKN, Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) berkomitmen penuh untuk meningkatkan kinerja pelayanan untuk menyikapi pengaduan masyarakat. Hal itu antara lain dilakukan dengan mendorong peningkatan responsivitas unit-unit kerja di lingkup BKN Pusat dan Kantor Regional terhadap aduan yang disampaikan publik  kepada BKN. Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan dalam acara Rapat Koordinasi Pengaduan Masyarakat di Lingkungan BKN Tahun Anggaran 2018 di aula Kantor Pusat BKN, Selasa (6/3/2018).

Mohammad Ridwan menyampaikan bahwa penyelesaian pengaduan masyarakat merupakan wujud nyata pelaksanaan reformasi birokrasi. “Pengaduan merupakan bagian dari peran serta masyarakat dalam mewujudkan e-government. BKN sejak awal sudah berkomitmen serius untuk menyelesaikan setiap pengaduan yang masuk,” ujar Ridwan.

Perwakilan unit yang mendapat Penghargaan.

Dalam Rakor Pengaduan tersebut juga diserahkan anugerah atau penghargaan kepada unit kerja BKN sebagai Pengelola Pengaduan melalui Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR-BKN) Paling Responsif Tahun 2017. Penghargaan tersebut dibagi menjadi tiga klaster, yakni klaster dengan jumlah aduan besar, sedang dan kecil. Pada klaster dengan jumlah pengaduan besar, peraih penghargaan adalah Direktorat Perundang-Undangan (terbaik I) dan Direktorat Pengadaan dan Kepangkatan (terbaik II). Untuk klaster dengan jumlah pengaduan sedang diraih oleh Kanreg I BKN Yogyakarta (terbaik I) dan Kanreg II BKN Surabaya (terbaik II). Sementara peraih penghargaan pada klaster pengaduan dengan jumlah kecil adalah Pusat PerencanaanKepegawaian dan Formasi (juara I) dan Kantor Regional XI BKN Manado (juara II). bal