09
Jul

Pertemuan BKN dan ITB Bahas Teknologi Terkini untuk Diadopsi Pada Sistem Rekrutmen ASN

Bandung – Humas BKN, Usai membuka kegiatan pelaksanaan Talent Pool di Kantor Regional (Kanreg) III BKN Bandung pagi tadi, Kepala BKN lakukan pertemuan dengan pihak rektorat Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk membahas secara khusus sistem rekrutmen ASN melalui Computer Assisted Test (CAT) yang sudah dilaksanakan BKN dalam beberapa kurun waktu belakangan ini.

Didampingi Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian, Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen ASN, Kepala Biro Humas BKN, dan Kepala Kanreg BKN Bandung, pertemuan berlangsung di Gedung Kampus ITB pada Selasa, (9/7/2019). Kepala BKN Bima Haria Wibisana menuturkan bahwa BKN sedang mencoba mengeksplorasi teknologi terkini untuk diadopsi ke dalam sistem rekrutmen saat ini.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana menuturkan bahwa BKN sedang mencoba mengeksplorasi teknologi terkini untuk diadopsi ke dalam sistem rekrutmen saat ini. (Foto: des)

Menurutnya ada beberapa tantangan yang dihadapi dengan sistem rekrutmen berbasis CAT, mulai dari masifnya pendaftar sampai dengan memastikan kepercayaan masyarakat bahwa tidak ada intervensi di dalam sistem rekrutmen. “Bahkan untuk soal-soal saja, BKN tidak tahu, karena penyusunannya dilakukan oleh konsorsium perguruan tinggi dan langsung dienskripsi oleh Badan Sandi dan Siber Negara, BKN tinggal mengacaknya di dalam sistem, ruang mengintervensinya tertutup,” imbuhnya.

Adapun pertemuan kedua pihak ini masih dalam tahapan pembahasan peluang kerja sama perihal jenis teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan sistem rekrutmen yang ada saat ini. Pada kesempatan itu, beberapa perwakilan ITB juga memaparkan sistem teknologi yang dibangun oleh pihaknya, misalnya pelaksanaan ujian dengan teknologi smartphone yang mereka sebut dengan smart-edu. Selain itu juga dipaparkan tentang pengembangan sistem soal bagi peserta yang berkebutuhan khusus, mengingat Pemerintah juga membuka formasi disabilitas untuk rekrutmen ASN. des