22
Mei

Pokja Manajemen Birokrasi BKN Kawal Perubahan Menuju Reformasi Birokrasi di BKN

Jakarta – Humas BKN, “Tugas Pokja Manajemen Perubahan itu bukan sekadar membuat perubahan namun juga mengawal dan memastikan setiap rencana aksi berjalan sesuai roadmap.” Pernyataan tersebut dilontarkan oleh Andi Anto selaku Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Manajemen Perubahan dalam Verifikasi Lembar Kerja Evaluasi Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (LKE PMPRB) yang diselenggarakan oleh Pokja Manajemen Perubahan pada Selasa (21/5/2019) di ruang rapat Biro Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara. Hal tersebut sekaligus menjadi dasar evaluasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Pokja Manajemen Perubahan.

Menurut Andi, pengawasan bisa dilakukan melalui laporan agen perubahan di masing-masing Pokja. Andi juga menambahkan bahwa pembentukan tim dan pelaksanaan Reformasi Birokrasi menjadi salah satu wujud nyata dari perubahan yang sudah dilakukan oleh BKN. Namun, tidak berhenti pada perubahan saja, melainkan kembali pada pengawasan terhadap masing-masing Pokja dalam mencapai perubahan itu sendiri.

Menyikapi hasil evaluasi Pokja Manajemen Perubahan, Sua Wijaya selaku Asesor RB BKN memberikan penilaian dengan membandingkan fakta dan target yang dicapai di lapangan. Sua mengharapkan adanya komitmen dari seluruh Pokja untuk melaksanakan rencana aksi sesuai dengan roadmap masing-masing. suf