17
Mei

Pokja Penguatan Organisasi dan Tata Laksana RB BKN lakukan Verifikasi LKE PMPRB

Jakarta – Humas BKN, Kelompok Kerja (Pokja) Pokja Penguatan Organisasi dan Tata Laksana melaksanakan verifikasi Lembar Kerja Evaluasi Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (LKE PMPRB) Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kamis (16/5/2019) di Kantor BKN Pusat, Jakarta.

Ketua Bidang Pokja Penguatan Organisasi, Achmad Slamet Hidayat mengatakan jika Pokja Penguatan Organisasi telah melaksanakan evaluasi ketepatan fungsi dan ketepatan ukuran organisasi.  “Evaluasi itu menghasilkan draft perubahan Struktur, Organisasi, Tata Laksana, dan Kerja (SOTK) dan surat usulan,” katanya. Achmad menambahkan, “Pokja Penguatan Organisasi juga sudah menyusun beberapa rekomendasi perbaikan LKE PMPRB ke depan.”

Sementara itu, Ketua Pokja Tata Laksana, Paryono menyoroti tentang adanya proses bisnis evaluasi yang tidak relevan dengan SOP. Untuk itu, Paryono memprioritaskan penguatan Reformasi Birokrasi pada delapan area perubahan. “Beberapa arena yang menjadi prioritas perubahan adalah pelaksanaan evaluasi seluruh unit dan penyelarasan Standar, Operasional, dan Prosedur (SOP) dengan proses bisnis sebagai rencana aksi kedepan,” jelasnya.

Merespons apa yang disampaikan 2 (dua) Ketua Pokja di atas, assessor pelaksanaan RB BKN untuk Pokja Penguatan Organisasi dan Tata Laksana, Adi fauzan dan Helmi Wardani sepakat untuk melakukan penguatan internal berupa penyempurnaan SOP. “Tidak hanya mengevaluasi tapi kalau ada perubahan ya disampaikan, karena akan menambah komponen penilaian, baik perubahan yang sudah atau akan dilakukan. Untuk membuktikan juga kalau kita memang sudah melakukan evaluasi di semua unit kerja,” pungkas Adi. (Tif/Suf/Sis)