14
Mar

Puspenkom BKN Targetkan 2.000 Peserta Ikuti Penilaian Potensi dan Kompetensi JPT Pratama dan Administrator Tahun 2019

Jakarta-Humas BKN, Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) diselenggarakan berdasarkan Sistem Merit, yaitu dengan dasar kualifikasi, kompetensi dan kinerja sesuai Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014. Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Kepala Pusat Penilaian Kompetensi ASN Badan Kepegawaian Negara (BKN), Purwanto dalam Rapat Kerja Persiapan Penilaian Potensi dan Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama dan Administrator Tahun 2019 yang diselenggarakan di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Kamis (14/03/2019).

Rapat dihadiri tim Asesor dan perwakilan tiap unit. (foto: don)

Dihadiri tim Asesor dan perwakilan tiap unit, rapat kerja ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan meningkatkan sinergitas dalam pelaksanaan Penilaian Potensi dan Kompetensi JPT Pratama dan Administrator Tahun 2019.

Purwanto menjelaskan tentang alur kegiatan Penilaian Potensi dan Kompetensi JPT Pratama dan Administrator Tahun 2019, yang terdiri dari persiapan, pelaksanaan dan pelaporan hasil kegiatan. (foto: don)

Lebih lanjut Purwanto menjelaskan tentang alur kegiatan Penilaian Potensi dan Kompetensi JPT Pratama dan Administrator Tahun 2019, yang terdiri dari persiapan, pelaksanaan dan pelaporan hasil kegiatan. Kemudian, Purwanto juga menjelaskan dalam proses penilaiannya akan dilakukan dengan menggunakan Assessment Center yang dinilai adil dan kredibel. “Selain itu, Assessment Center dipilih karena akan menghasilkan penilaian yang objektif, akurat, dan terukur,”imbuhnya.

Kepala Bidang Pengembangan Standar Penilaian, Christina Nailiu juga menjelaskan metode yang akan digunakan pada penilaian tahun ini meliputi Psikometri, Analisis Kasus, Focus Group Discussion (FGD), dan Wawancara. Beberapa aspek penting yang dimiliki pegawai akan digali dalam pelaksanaan penilaian potensi dan kompetensi tersebut, di antaranya adalah aspek potensi yang terdiri atas sikap kerja, karakter, kapabilitas, dan motivasi serta aspek kompetensi yaitu kemampuan berpikir, mengelola tugas, menjalin hubungan dan wawasan kebangsaan. “Kita akan mengetahui bagaimana pegawai tersebut dalam bekerja serta emosi yang dimilikinya melalui kedua aspek tersebut,”tambahnya.

Penilaian Potensi dan Kompetensi JPT Pratama dan Administrator Tahun 2019 dengan target 2.000 peserta ini akan diselenggarakan pada bulan Maret hingga September Tahun 2019 dengan melibatkan Asesor BKN dan Asesor anggota Ikatan Asesor SDM Aparatur (IASA). kaw