11
Sep

Rayakan 1 Muharam 1441H, Babinrohis BKN Santuni Anak Yatim Piatu

“Seorang ASN wajib bekerja dengan jujur. Seorang ASN yang baik wajib memiliki integritas tinggi yakni berkata dan berlaku jujur dalam melakukan pelayanan publik. Ustad Muhammad Zein .

Jakarta- Humas BKN, Sebagai ucapan rasa syukur akan datangnya tahun baru Islam (1 Muharam 1441H) yang jatuh pada tanggal 1 September 2019 lalu, Badan Pembina Rohani Islam BKN (Babinrohis) mengadakan acara ceramah bertajuk “Muharam Meningkatkan Integritas ASN” serta santunan anak yatim piatu. Diawali dengan tilawah Al-Quran, pembacaan surat Ar Rohman, acara ini diikuti dengan khidmat oleh 50 anak yatim piatu yang merupakan putra/i pegawai BKN yang telah meninggal dunia dan yatim piatu sekitar lingkungan juga pengurus Babinrohis BKN. Bertempat di Masjid Al Khidmat BKN, acara ini diadakan setelah salat Dzuhur berjamaah.

Bulan Muharam merupakan bulan pertama dalam kalender Hijriah yang dihitung berdasarkan revolusi bulan. Nabi Muhammad SAW menyebut bulan Muharam sebagai Syahrullah atau berarti Bulan Allah. Pemaknaan bulan Muharam 2019 berawal dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW. Saat zaman Rasul Allah, peristiwa hijrah dilakukan sebagai strategi dakwah dan menanggapi situasi dan kondisi yang tidak kondusif pada masyararakat Mekkah.

Peringatan 1 Muharam ini merupakan acara tahunan Babinrohis BKN. Adapun santunan yang diberikan merupakan kumpulan dana yang diperoleh dari para donatur dan kotak amal masjid Al Khidmah BKN. Tidak hanya berupa uang tunai, Babinrohis juga memberikan bingkisan berupa keperluan sekolah.

Ustad Muhammad Zein dalam ceramahnya menyampaikan, “Seorang ASN wajib bekerja dengan jujur. Seorang ASN yang baik wajib memiliki integritas tinggi yakni berkata dan berlaku jujur dalam melakukan pelayanan publik. Hal ini merupakan upaya menciptakan citra positif di mata masyarakat”, pungkasnya.

Ustad yang juga seorang dosen di salah universitas islam ini juga mengatakan, dalam memberikan pelayanan prima, seorang ASN harus memiliki 5S yaitu Salam, Sapa, Senyum, Sopan dan Santun. Diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini setiap tahunnya, solidaritas antar pegawai serta kepedulian antar sesama di lingkungan BKN meningkat. rat