07
Des

“Sambut Digitalisasi Kepegawaian, BKD dan BKPSDM Perlu Siapkan Diri Untuk Sinkronisasi Data”

Kaltara-Humas BKN, Badan Kepegawaian Negara (BKN) berupaya menerapkan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di bidang kepegawaian guna terwujudnya pelaksanaan kerja yang efektif dan efisien. Pernyataan tersebut disampaikan Kepala BKN Bima Haria Wibisana di sela-sela acara Sosialisasi Pengawasan “Peningkatan Kapasitas Hukum dan Pengawasan Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara di Ruang Pertemuan Lantai 2 Swiss-Belhotel, Tarakan Kalimantan Utara, Kamis (7/12/2017).

Menurut Bima pemanfaatan teknologi informasi terkini penerapannya akan memudahkan pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu dipastikan akan mempercepat kinerja aparatur pemerintah. “Perubahan tersebut mau tidak mau akan mengarahkan aparatur pemerintah dan yang dilayani menuju gaya hidup digital,” tukas Bima.

Bima menyampaikan bahwa BKN sudah memanfaatkan teknologi informasi dalam rangka seleksi penerimaan CPNS.

Di bidang manajemen kepegawaian, Bima menyampaikan bahwa BKN sudah memanfaatkan teknologi informasi dalam rangka seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Proses seleksi menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) yang terbukti akuntabel, cepat dan transparan, jujur serta realtime.

Untuk optimalisasi pemanfaatan teknologi digital di bidang kepegawaian tersebut Bima meminta seluruh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) di daerah untuk segera melakukan sinkronisasi data kepegawaian dengan Kantor Regional (Kanreg) BKN di tiap wilayah. “Dibutuhkan sinkronisasi data baik pusat maupun daerah. Mari kita songsong dan sukseskan penggunaan teknologi digital untuk kepegawaian. Ini akan memudahkan banyak hal nantinya,” pungkas Bima. bal/des/Humas Pemprov Kaltara