19
Mar

Sempurnakan Proses Penyusunan Rencana Strategis Organisasi, Puskalitpeg BKN Gelar Rapat Penyusunan DIM Bidang Kepegawaian

Jakarta-Humas BKN, Pusat Pengkajian dan Penelitian Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (Puskalitpeg BKN) menggelar rapat bersama Pusat Penilaian Kompetensi Aparatur Sipil Negara (Puspenkom ASN) untuk membahas isu-isu strategis bidang kepegawaian BKN di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Selasa (19/03/2019).

Kepala Puskalitpeg BKN Achmad Slamet Hidayat menyampaikan, rapat ini diharapkan dapat mengidentifikasi permasalahan-permasalahan penting yang dihadapi BKN sebagai acuan penyusunan langkah perbaikan. Ke depan, identifikasi permasalahan bidang kepegawain yang dilakukan secara komprehensif tersebut akan dimasukkan ke dalam Daftar Inventarisasi Masalah (DIM). “Ini kami lakukan agar BKN tidak terus terjebak dengan rutinitas administrasi sehingga dapat melaksanakan tugas sesuai dengan manfaat serta tujuan yang dirancang dan sejalan dengan kebutuhan organisasi,” tuturnya.

Lebih lanjut, Achmad menjelaskan salah satu isu strategis yang dibahas dalam rapat tersebut yaitu perlunya setiap instansi mencegah kemungkinan hadirnya ego sektoral di lingkungannya. Ego sektoral merupakan salah satu faktor penghambat manajemen ASN yang dapat menyebabkan inefisiensi. “Masing-masing unit di internal sebuah organisasi harus menghilangkan ego dan bersatu agar tugas dan fungsi masing-masing dapat berjalan sesuai amanat Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 dan dapat terlaksana dengan lebih baik,”ungkapnya.

Selain itu, DIM isu strategis yang diperoleh melalui rapat ini juga diharapkan dapat berkontribusi untuk menjadi rekomendasi yang akan diberikan kepada Biro Perencanaan BKN sebagai bahan masukan untuk menyempurnakan proses penyusunan rencana strategis organisasi. kaw