20
Mar

Sestama BKN: Pengembangan SDM merupakan Program Prioritas pembangunan Indonesia hingga Saat Ini

Ciawi-Humas BKN, Dapat lolos seleksi dengan perbandingan satu dan delapan merupakan salah satu prestasi yang telah dicapai oleh Mahasiswa Pendidikan Ilmu Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (PIK BKN) Angkatan XII. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Utama BKN, Supranawa Yusuf dalam acara Penutupan Masa Orientasi Mahasiswa Baru PIK BKN Angkatan XII yang dihadiri oleh Widyaiswara, Pejabat Administrator, Pengawas, serta Pengelola PIK dan digelar di Pusat Pengembangan Aparatur Sipil Negara (Pusbang ASN), Ciawi, Selasa (19/03/2019).

Sestama BKN yang menutup acara tersebut secara resmi menjelaskan bahwa pengembangan sumber daya manusia (SDM) merupakan program prioritas pembangunan di Indonesia hingga saat ini. Melalui PIK BKN, Mahasiswa dapat menimba ilmu dan menggali informasi mengenai ilmu kepegawaian dengan tenaga pengajar sebagai wadah mengembangkan SDM di tiap Instansi asal mahasiswa. Selain itu Sestama BKN juga menyampaikan tentang pentingnya orientasi dalam penyelenggaraan pendidikan sebagai masa transisi para mahasiswa. “Setiap mahasiswa perlu mengenal kampus juga mahasiswa lainnya yang memiliki karakteristik berbeda, sehingga dapat menghindari culture shock,” jelasnya.

Kepala Pusat Pengembangan ASN, Ahmad Jalis menyampaikan, dari 268 pelamar yang mendaftar pada PIK BKN pada tahun ini, hanya 35 mahasiswa yang berhasil lolos melewati tahapan seleksi yang ketat. “Mahasiswa yang lolos tersebut menempuh tes yang dilakukan dengan sangat objektif dan tanpa ada intervensi dari pihak manapun,” tuturnya. Setidaknya ada dua aspek dalam seleksi Mahasiswa PIK BKN Angkatan XII tersebut, diantaranya Tes Potensial Akademik (TPA) dengan menggunakan _Computer Assisted Test_ (CAT) dan Tes Peminatan dengan metode wawancara. “Saat ini, total mahasiswa PIK BKN yang aktif berjumlah 192 mahasiwa termasuk angkatan XII ini,” sambungnya.

Selama masa orientasi, mahasiswa diberikan pembekalan tentang kampus, tata tertib dan disiplin, hak dan kewajiban sebagai mahasiswa, kesamaptaan, dan pengenal civitas akademik. Rencananya, Mahasiswa PIK BKN Angkatan XII akan& mendapatkan materi orientasi komprehensif dari TNI dan Brimob tentang membangun perilaku dan sikap sebagai mahasiswa dan ASN pada Kamis (21/3/2019). Selain itu, seluruh mahasiswa baru PIK BKN tersebut akan mengikuti kuliah umum pertama dengan Kepala BKN sebagai narasumbernya pada 22 Maret 2019 mendatang. kaw