12
Apr

Sipeda, Aplikasi Permudah Ahli Waris PNS Urus Administrasi Kepegawaian

Tangerang-Humas BKN, Aplikasi Sistem Pegawai Negeri Sipil Meninggal Dunia (Sipeda) merupakan salah satu produk unggulan layanan kepegawaian Kantor Regional (Kanreg) III BKN Bandung. Sipeda dapat membantu ahli waris dari PNS yang meninggal dunia mengurus administrasi kepegawaian dari PNS yang wafat tersebut. “Jadi jika ada ahli waris PNS yang meninggal dunia melakukan klaim ke PT. Taspen, pegawai PT. Taspen cukup melakukan input data pada aplikasi Sipeda dan otomatis data kepegawaian yang ada di BKN terbaharuiā€. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Kanreg III BKN Bandung Imas Sukmariah saat memberikan laporan penyelenggaraan Workshop penerapan inovasi di bidang kepegawaian dan pengawasan pengendalian kepegawaian sesuai norma standar dan prosedur sewilayah kerja kantor regional III BKN Bandung , di Novotel Hotels and Resorts Kota Tangerang, Kamis (12/4/2018).

Hal itu senada dengan apa yang dikatakan Kepala BKN Bima Haria Wibisana dalam sambutan saat membuka acara tersebut. Bima mengatakan, saat ini inovasi pada proses bisnis harus terus dilakukan seiring perubahan zaman. Bima mencontohkan bagaimana masyarakat Kota London dahulu melakukan inovasi untuk menyelesaikan permasalahan banyaknya jumlah kuda di kota itu. “Perubahan tatanan hidup masyarakat Kota London saat itu, dari awalnya menggunakan kuda dan beralih menggunakan mesin uap, yang merupakan cikal bakal revolusi industri, mengajarkan kita jika inovasi dalam proses bisnis akan sangat membantu banyak hal,” ujarnya.

Sementara untuk eksistensi birokrasi, sambung Bima tergantung pengelola kepegawaian di Indonesia, apakah juga akan berinovasi dalam mengelola kepegawaian atau tidak. Karena jika tidak, otomatis akan tergerus oleh zaman. “Manajemen ASN tentu menjadi tanggung jawab seluruh pengelola kepegawaian, tidak hanya BKN. Oleh sebab itu, mari lakukan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan saat ini,” pungkasnya. ber