16
Mei

Sisa Hasil Usaha Meningkat 4%, Koperasi Pegawai BKN Dinilai Cukup Baik

Jakarta-Humas BKN, Koperasi Pegawai Badan Kepegawaian Negara (BKN) menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2018 pada Kamis (16/05/2019). Antusiasme para anggota Koperasi terlihat dalam acara tersebut, di mana 90 undangan yang direncanakan hadir, namun tercatat lebih dari 100 orang Anggota Koperasi BKN.

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana selaku Pembina Koperasi Pegawai BKN menyampaikan bahwa Koperasi dapat mengembangkan penjualannya dengan mempertimbangkan competitive advantage seperti harga yang lebih murah, barang yang berkualitas dan pelayanan yang lebih baik. Selain itu Koperasi juga dapat mengembangkan bisnis dengan melakukan inovasi melalui contohnya franchise atau travel program, sehingga dapat menjadi role model kemajuan Koperasi. Kepala BKN juga menghimbau kepada para anggota untuk berpartisipasi dengan ikut menitipkan barang dagang atau membuka usaha di kantin atau koperasi guna melatih jiwa berwirausaha. “Namun tantangannya harus berani merubah mindset pegawai dan berkotribusi, serta berbekal kreativitas dan kemauan tinggi maka mimpi menjadi pembisnis sebelum masa pensiun dapat terwujud,” tuturnya.

Perwakilan Pusat Koperasi Republik Indonesia (PKPRI) Wilayah Jakarta Timur, Zulhasrin Siregar dalam sambutannya menyampaikan bahwa RAT merupakan salah satu amanat pada Pasal 22 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992. Melalui RAT tersebur, anggota dapat menilai kinerja para pengurus dan pengawas koperasi. Zulhasrin juga menyampaikan bahwa menurut Laporan Pertanggungjawaban pengurus dan pengawas RAT dinilai cukup baik karena nilai Sisa Hasil Usaha yang meningkat sebanyak 4% pada Tahun Buku 2018. “Namun diharapkan anggota dapat lebih memanfaatkan Koperasi Pegawai BKN untuk memajukan koperasi,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut rencananya juga dilaksanakan pemilihan kepengurusan Koperasi Pegawai BKN periode 2019-2024 yang dipilih langsung oleh anggota. Melalui restrukturisasi kepengurusan yang baru diharapkan dapat memberikan inovasi-inovasi baru yang guna membangun Koperasi Pegawai BKN. Namun, pemilihan ketua tersebut masih akan menunggu hingga terpenuhinya jumlah kandidat yang signifikan.

Bima dalam penutupannya berpesan kepada seluruh anggota koperasi BKN untuk dapat mencoba berwirausaha sebelum memasuki usia pensiun, “Wirausaha bukan hanya membutuhkan skill namun bagaimana membuang ego kita untuk terus melangkah maju”, ujar Bima. dey/kaw