10
Agst

“Skema Seleksi Penerimaan CPNS yang Berkualitas Jadi Kunci Rekrutmen PNS Berkualitas”

WhatsApp Image 2017-08-10 at 15.58.54

Jakarta-Humas BKN, Seluruh Kementerian/Lembaga (K/L) menginginkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berkualitas dan berkinerja baik. Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan skema seleksi penerimaan CPNS yang berkualitas, salah satunya dalam hal kualitas soal tes rekrutmen. Hal itu disampaikan Sekretaris Utama (Sesma) Badan Kepegawaian Negara (BKN)

Usman Gumanti saat membuka Rapat Validasi Soal Tes Kompetensi Dasar (TKD), Kamis (10/08/2017) di Kantor Pusat BKN.

Usman menyebutkan, sedikitnya ada 5 poin dasar yang harus diperhatikan dalam proses penyusunan soal, yakni validitas, daya pembeda, dapat dipercaya, obyektif dan mengikuti standardisasi yang ada. Dengan begitu, kualitas soal dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan standar serta prosedur yang telah ditetapkan.

WhatsApp Image 2017-08-10 at 15.58.53

Di saat yang sama, Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen (PPSR) Aparatur Sipil Negara (ASN), Heri Susilowati menjelaskan bahwa penyusunan soal sangat fokus terhadap standardisasi dalam seleksi terhadap metode Computer Assisted Test (CAT). Selain itu, nantinya peserta dapat melihat hasil ujian yang dibuat dengan sistem perankingan berdasarkan instansi melalui aplikasi yang dapat diunduh pada sistem operasi Andorid dan adanya simulasi online dengan cara mendaftarkan diri menggunakan email kemudian akan diberikan soal dengan waktu penyelesaian yang dibatasi.

Seperti diketahui, pada tahun 2017 proses seleksi penerimaan CPNS, untuk tahap tes kompetensi dasar (TKD) dilakukan menggunakan metode seleksi online berbasis komputer atau CAT. Pemerintah menyediakan formasi sebanyak 19.210 bagi CPNS Kementerian Hukum dan HAM dan Mahkamah Agung. dhinira