10
Apr

Sosialisasi E-Lapkin BKN kepada Instansi Pemerintah dan seluruh Kantor Regional BKN

Jakarta – Humas BKN, Amanat dalam UU nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan PP nomor 46 tahun 2011 pasal 2, dilaksanakan sosialisasi dan launching pelaporan penilaian kinerja PNS berbasis elektronik (e-Lapkin) di gedung CAT BKN Pusat, (10/4). Acara tersebut dihadiri Kepala BKN Bima Haria Wibisana, Deputi bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian (PMK) Yulina Setiawati dan Direktur Kinerja ASN Neni Rochyany selaku pembicara serta tamu undangan yang terdiri dari perwakilan unit kerja BKN Pusat, perwakilan seluruh Kantor Regional BKN dan perwakilan Kementerian dan Lembaga Non Kementerian yang berjumlah sekitar 60 peserta.

E-lapkin adalah aplikasi yang digunkan untuk menghimpun laporan kinerja tahunan Aparatur Sipil Negara (ASN) Republik Indonesia. Aplikasi e-lapkin sendiri diperuntukan bagi Instansi Pemerintah Pusat maupun Instansi Pemerintah Daerah. Adapun fungsi atau keunggulan dari e-lapkin memudahkan anda dalam penyampaian laporan kinerja tahunan yang dilakukan oleh masing-masing instansi serta dapat melihat profil instansi, prestasi kerja, grafik perbandingan penilaian pertahun, status pegawai serta impor prestasi.

Hal demikian serupa dengan paparan Kepala BKN Bima Haria Wibisana dalam pengarahan sosialisasi dan launching e-lapkin, “semua kegiatan manusia yang dilakukan termasuk pengurusan dokumen kepegawaian harus beralih ke digital tidak lagi hardcopy,” ujarnya.

Paparan terkait e-lapkin tentang manajemen kinerja dalam persepektif internal ASN UU nomor 5 tahun 2014 disampaikan oleh Deputi PMK, “dalam sistem informasi kinerja dapat dikaitkan pelaksanaannya kalau penilaian kinerja itu sudah dilakukan secara transparan dan objektif maka kita baru berani menggunakan penilaian kinerja untuk pengelolaan Sumber Daya Manusia dengan baik,” jelasnya. Ine